Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Jokowi Tak Salami Kapolri di HUT TNI, Ini Penjelasan Kasetpres

Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menyalami Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara HUT TNI beredar di media sosial. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memberikan penjelasan.

Dalam video beredar yang dilihat detikcom, Kamis (6/10/2022), Jokowi awalnya menyalami Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Namun setelah itu Jokowi tak menyalami Kapolri yang berada di sebelah Andika.

Jokowi langsung bergerak menyalami KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan istri. Selanjutnya Jokowi menyalami KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Jokowi tampak ditemani oleh Wapres Ma'ruf Amin. Setelah itu, Jokowi mengangkat kedua tangannya ke arah warga.

Video yang beredar di medsos itu merupakan potongan dari video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden. Momen Jokowi tak menyalami Kapolri itu terjadi setelah acara defile pasukan dan pawai alutsista di panggung depan Istana Merdeka.

Setelah momen itu, Jokowi memanggil warga bersama anak untuk bersalaman dan berfoto bersama Jokowi. Tampak mendampingi Ma'ruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI, KSAD, KSAU, dan KSAL.

Kasetpres Heru Budi Hartono memberikan penjelasan soal viral Jokowi tak menyalami Kapolri. Heru mengatakan Jokowi juga menyapa Kapolri.

"Nggak ada masalah. Kan di mimbar utama sebelum upacara, semua sudah disalamin dan kan yang di video itu Pak Presiden menyapa Pak Kapolri," ujar Heru kepada wartawan. [detik.com]