Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi: Progres Sudah 88,8%

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Tinjauan ini dilakukan jelang uji coba dinamis yang bakal berlangsung November mendatang.

Jokowi mengatakan, progres keseluruhan proyek ini mencapai 88,8%. KCJB diharapkan bisa meningkatkan mobilitas masyarakat dan barang.

"Saya tadi mendapatkan keterangan bahwa progresnya sudah mencapai 88,8% secara keseluruhan. Dan kita harapkan dengan kereta cepat Jakarta-Bandung mobilitas orang dan barang bisa menjadi cepat dan meningkat," ungkap Jokowi di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Sementara itu, pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri sudah selesai sepanjang 17 km. Saat diuji coba, kereta akan melaju pada kecepatan sekitar 60 km/jam.

KCJB juga diharapkan bisa meningkatkan titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Jakarta maupun di Bandung.

"Kemudian ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. di Jakarta ada, di Bandung ada, di Kabupaten Bandung juga terjadi. Saya rasa itu," imbuhnya.

KCJB disebut sebagai kereta cepat pertama di Asia tenggara. Hadirnya kereta cepat diharapkan dapat menjadi penghubung antar negara, lewat integrasi ke pelabuhan, bandara, dan lainnya.

"Dan itu sudah menjadi gagasan besar di ASEAN agar konektivitas antar negara-negara ASEAN ini tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka daya saing ASEAN," pungkasnya. [detik.com]