Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Dokter soal Kerongkongan Geser, Lesti Kejora Dirumorkan Mengalaminya

Kata Dokter soal Kerongkongan Geser, Lesti Kejora Dirumorkan Mengalaminya




Sejumlah media kini membahas kabar kondisi pedangdut Lesti Kejora yang belum lama ini dilaporkan mengalami tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dari suaminya, Rizky Billar. Meski belum diketahui pasti sumbernya, beredar kabar Lesti mengalami kerongkongan bergeser akibat sempat dicekik. Kok bisa kerongkongan bergeser?

Spesialis penyakit dalam sekaligus pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam meluruskan, kerongkongan sebenarnya tidak bisa bergeser. Cekikan memang bisa memicu sederet efek. Namun yang bisa mengalami trauma bukanlah kerongkongan, melainkan tenggorokan.

"Kerongkongan atas ini berdekatan dengan trakea bagian atas dari saluran pernafasan yang di atasnya ada pita suara (laring). Jadi kalau terjadi trauma pada leher atas yang terkena tenggorokan bukan kerongkongan, suatu daerah di atas kerongkongan dan trakea," terangnya melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (3/10/2022).

Lebih lanjut Prof Ari menjelaskan, pencekikan bisa memicu trauma pada batang tenggorokan. Jika kondisi ini berlangsung lama, bisa terjadi kondisi fatal berupa gangguan saluran napas.

"Tetapi kalaupun proses pencekikan di bawah tenggorokan yg trauma trakea (batang tenggorokan) jika pencekikan terus terjadi bisa menyebabkan gangguan jalan nafas jika berlanjut bisa fatal," jelas Prof Ari lebih lanjut.

Pun terjadi pergeseran, bukan pada kerongkongan, melainkan di tenggorokan. Biasanya, pergeseran tenggorokan ini disebabkan trauma atau tumor.

"Batang tenggorokan atau trakea bisa mengalami pergeseran atau deviasi karena pembengkakan pada daerah trakea atas bisa karena trauma atau tumor. Bahkan kalau pembengkakan meluas bisa mengganggu proses menelan," pungkasnya.


Sumber : health.detik.com