Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Telepon Presiden FIFA soal Tragedi Kanjuruhan, Ini Isinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menelepon Presiden FIFA Gianni Infantino seusai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Apa saja yang dibicarakan Jokowi dan Gianni Infantino?

"Hari Senin malam saya telah bertelepon langsung, berbicara langsung dengan Presiden FIFA Presiden Infantino, berbicara banyak mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang," kata Jokowi usai upacara HUT TNI di depan Istana, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Jokowi mengatakan dia membahas tentang sepakbola U-20. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada FIFA terkait keputusan apa pun seusai tragedi Kanjuruhan.

"Dan juga berbicara mengenai FIFA U-20 berbicara banyak, tetapi keputusan apa pun kewenangan di FIFA," ujar Jokowi.

Pemerintah Bentuk TGIPF

Di sisi lain, pemerintah sebelumnya telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut tragedi Kanjuruhan. Jokowi memerintahkan TGIPF sudah bisa menyimpulkan tragedi Kanjuruhan kurang dari sebulan.

"Tim Pencari Fakta itu diminta segera bekerja, kalau bisa tidak sampai 1 bulan. Sudah bisa menyimpulkan. Karena masalah besarnya sebenarnya sudah diketahui. Tinggal masalah-masalah detailnya yang itu bisa dikerjakan mungkin tidak sampai 1 bulan," kata Menko Polhukam Mahfud Md kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (4/10).

Jokowi juga menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pembentukan TGIPF Tragedi Kanjuruhan ini. Mahfud mengatakan keppres itu sangat penting sebagai dasar rapat TGIPF. [detik.com]