Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dipanggil Jokowi, Para Perwira Tinggi Polri Siap-siap Naik Bus dari PTIK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil para pejabat polisi untuk hadir di Istana Negara pada siang nanti. Sementara, untuk pejabat tinggi (pati) bintang dua ke bawah dikumpulkan di PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian).

Pantauan detikcom, pukul 09.34 WIB, Jumat (14/10/2022), terlihat ratusan perwira menengah (pamen) dengan pangkat Kombes maupun AKBP telah berkumpul di Auditorium Mutiara. Mereka saling bercengkrama dan berbincang. Terpantau juga hadir Kapolda NTT Irjen Setyo Budiyanto, Kapolda Sulsel Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Para pati tersebut tergabung dari sejumlah Polda hingga Polres di seluruh penjuru. Tak ada satupun dari mereka yang mengenakan topi dan membawa tongkat komando.

Sementara itu, terlihat ada 13 unit bis yang terparkir di halaman PTIK. Enam di antaranya merupakan bis khusus VVIP atau khusus para Kapolda.

Berdasarkan informasi yang diterima, para pejabat bintang dua kebawah ini memang dikumpulkan di PTIK pada pukul 10.00 WIB. Lalu, pada pukul 11.00 WIB mereka mulai berangkat ke Gedung Krida Bhakti Setneg untuk melakukan salat Jumat dulu sebelum bergeser ke Istana Negara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil para pejabat polisi untuk hadir di Istana Negara, siang nanti. Para pejabat polisi diminta tidak membawa tongkat komando dan topi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikcom, Jumat (14/10), para pejabat kepolisian diminta mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) tanpa tutup kepala dan tanpa tongkat.

Para pejabat polisi juga dilarang membawa ponsel melainkan hanya boleh membawa buku catatan dan pulpen. Polisi yang hadir juga tidak boleh membawa ajudan atau sering disebut sebagai ADC (Aide de Camp).

Pertemuan Jokowi dengan para pimpinan polisi akan digelar di Istana Negara, pukul 14.00 WIB nanti siang. Polisi yang dipanggil Jokowi adalah pejabat Markas Besar (Mabes) Polri, kapolda, hingga kapolres seluruh Indonesia. Apa yang akan dibahas dalam pertemuan nanti? Jokowi mempersilakan publik menantikannya.

"Besok (hari ini) didengarkanlah," kata Jokowi di Bandung, Kamis (14/10) kemarin. [detik.com]