Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panglima TNI Mutasi 109 Perwira, Pangkoarmada hingga Kapuspen Diganti

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 109 Perwira yang berada di tiga matra yakni, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara(AU).

Mutasi tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/818/VII/2022 tentang Pemberhentian Dari Dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 29 Agustus.

Dalam surat yang telah dikonfirmasi, Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI yakni Laksda TNI Heru Kusmanto mendapat promosi jabatan sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI.

Heru menggantikan posisi Laksdya TNI Abdul Rasyid Kacong yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI Angkatan Laut (AL) dalam rangka pensiun. Sementara jabatan yang ditinggalkan Heru akan diisi oleh Laksma TNI Hery Puranto yang sebelumnya menjabat sebagai Irlog Itjen TNI.

Jabatan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI juga berganti, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kisdiyanto mendapatkan promosi menduduki jabatan itu menggantikan Mayjen TNI Prantara Santosa yang dimutasi menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Kisdiyanto sebelumnya menjabat Wakapuspen TNI. Selanjutnya, jabatan itu akan diisi oleh Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar yang sebelumnya menjabat sebagai Danrem 052/Wkr (Jakarta Barat) Kodam Jaya.

Panglima TNI juga menunjuk Marsda TNI Novyan Samyoga sebagai Pangkogabwilhan II, ia sebelumnya menjabat sebagai Kas Koopsudnas. Adapun pejabat lama, yakni Imran Baidirus dimutasi menjadi Pati Mabes AU dalam rangka pensiun.

Selain itu, Andika juga menunjuk Kolonel Pnb Adrian P Damanik sebagai Danlanuh Halim menggantikan Marsma TNi Bambang Gunarto yang ditunjuk menjadi Pangkoopsud I. Adapun Adrian sebelumnya menjabat sebagai Kapuskodal Koopsudnas. [cnnindonesia.com]