Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Kualifikasi Sesi FP1, Jack Miller Tercepat di FP1 MotoGP Jepang

Hasil Kualifikasi Sesi FP1, Jack Miller Tercepat di FP1 MotoGP Jepang - MotoGP Jepang 2022 resmi berlangsung di Sirkuit Motegi. Simak hasil FP1 dan FP2 MotoGP Jepang 2022 tersebut. Saat ini para pembalap MotoGP, termasuk Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) telah melakoni sesi latihan bebas satu (Free Practice/FP1) MotoGP Jepang 2022. Dan hasil FP1, Quartararo belum mampu melawan dominasi Ducati meskipun balapan berlangsung di kandang Yamaha.

Hasil Kualifikasi Sesi FP1, Jack Miller Tercepat di FP1 MotoGP Jepang
Jack Miller 

Pembalap berjuluk El Diablo itu hanya mampu menyodok posisi ketiga pada sesi FP1, dengan catatan waktu terbaik  1 menit 44,558 detik. Torehan itu lebih lambat 0,049 detik dari hasil yang diraih oleh Jack Miller (Ducati Lenovo Team) selaku pembalap tercepat.


Miller yang menyodok posisi satu hasil FP1 MotoGP Jepang 2022 mencatatkan hasil terbaik 1 menit 44,509 detik. Ia dususul oleh rekan satu timnya, Francesco Bagnaia di posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 44,537 detik atau lebih lambat 0,028 detik.


Quartararo Punya Kans Juara


Fabio Quartararo punya kans menjuarai MotoGP Jepang 2022 dan ia saat ini tengah mengusahakan hal tersebut. Usaha Quartararo itu sudah terlihat sejak sesi FP1. Saat balapan berjalan 15 menit, Quartararo berhasil merebut posisi tercepat.


Namun dua menit kemudian, posisi Quartararo digusur oleh Jack Miller yang menajamkan waktunya untuk menyodok ke posisi pertama. Lima menit tergusur satu setrip ke belakang, Quartararo mengambil kembali posisi teratas usai menorehkan waktu 1 menit 45,807 detik.


Memasuki 20 menit tersisa, Quartararo yang sempat tergusur dari lima besar menyodok ke posisi atas lagi. Namun Quartararo menajamkan torehan waktunya untuk menjadi yang tercepat. Sayangnya El Dibalo tak mampu mempertahankan posisinya sehingga digeser oleh Jack Miller pada akhir sesi.


Meskipun demikian, Marc Marquez (Repsol Honda) memandang bahwa Quartararo memiliki peluang untuk menjuarai MotoGP Jepang 2022. Marquez sendiri menempati posisi keenam saat sesi FP1 MotoGP Jepang 2022, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 44,656 detik.


"Fabio (Quartararo) masih di depan, itu tergantung kepadanya dan saya pikir (Sirkuit Motegi) akan menjadi sirkuit yang sangat bagus untuknya,” ucap Marquez, dikutip dari PaddockGP, Jumat (23/9/2022).


“Di Aragon, yang merupakan salah satu sirkuit terlemahnya atau tempat dia tidak melakukannya dengan baik, saya pikir dia berjuang untuk podium,” lanjutnya. Marquez pun memuji secara keseluruhan performa Quartararo pada musim ini. Menurutnya, sang juara bertahan MotoGP itu telah tumbuh menjadi pembalap yang ajaib.


"Fabio lebih merupakan orang yang naik di atas level motornya, yang mengeluarkan keajaiban, seperti yang dilakukan pembalap di masa lalu ketika ada kejuaraan yang akan dimainkan. Saya pikir itu akan menarik,” pungkasnya.


Adapun hasil sesi FP2 MotoGP Jepang 2022 baru bisa diketahun setelah balapan tuntas digelar.

Menurut jadwal, sesi FP2 akan berlangsung pada Sabtu (24/9/2022) pagi, pukul 07.40 WIB.