Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BSU Tahap 2 Cair ke Orang yang Dapat Tanda Ini, Begini Cara Cek BLT Subsidi Gaji di BPJS Ketenagakerjaan

BSU Tahap 2 Cair ke Orang yang Dapat Tanda Ini, Begini Cara Cek BLT Subsidi Gaji di BPJS Ketenagakerjaan




BSU tahap 2 cair ke orang yang dapat beberapa tanda di bawah ini. Simak cara cek daftar penerima BLT subsidi gaji di BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah mentransfer BSU tahap 2 untuk 2,4 juta orang yang memiliki tanda khusus.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah menerima tanda khusus tersebut atau tidak, bisa cek BSU tahap 2 atau BLT subsidi gaji di BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker.

Tanda yang dimaksud adalah tanda bahwa BSU tahap 2 sudah cair ke rekening dengan nominal Rp 600 ribu dan hanya diberikan sekali.

Sayangnya, tanda BSU tahap 2 cair ini hanya diterima oleh orang-orang yang menggunakan nomor rekening himpunan bank milik negara (Himbara) seperti BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

Hal ini dikarenakan Kemnaker baru mentransfer BSU tahap 2 dan tahap 1 kepada orang yang menggunakan nomor rekening Himbara.

Orang yang menggunakan nomor rekening bank swasta akan ditransfer menyusul karena proses penyaluran BLT subsidi gaji ini juga menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Pos Indonesia (Persero).

Adapun tanda yang dimaksud adalah tamabahan uang tunai Rp 600 ribu yang masuk ke rekening. Orang-orang bisa mengeceknya di mutasi rekening.

Sedangkan tanda lain adalah muncul notifikasi sebagai berikut saat cek BLT subsidi gaji di link Kemnaker:

Penerima BSU tahap 2 juga akan menerima notifikasi dari masing-masing bank penyalur jika dana BLT subsidi gaji Rp 600 ribu sudah masuk.

Sebelum mengetahui apakah dapat BSU tahap 2 atau tidak, masyarakat sebaiknya cek terlebih dahulu apakah memenuhi kriteria sebagai penerima BLT subsidi gaji atau tidak.

Cara cek apakah memenuhi kriteria sebagai penerima BLT subsidi gaji atau tidak bisa dilakukan di link BPJS Ketenagakerjaan dengan cara sebagai berikut:

1. Buka bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Scroll ke bawah hingga menemukan kolom "Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?"

3. Isi data diri dengan lengkap, meliputi:
  • NIK KTP
  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • Nama ibu kandung
  • Nomor HP
  • Alamat email
4. Klik Lanjutkan

Setelah itu, jika memenuhi kriteria sebagai penerima BSU tahap 2, segera cek BLT subsidi gaji di Kemnaker untuk mengetahui tanda di atas.

Berikut cara cek status apakah BSU tahap 2 sudah cair atau belum di Kemnaker dengan cara sebagai berikut:

1. Login kemnaker.go.id menggunakan akun yang dimiliki

2. Jika belum memiliki akun, daftar dulu di menu "Daftar"

3. Setelah berhasil login, isi data diri dengan benar

4. Cek pemberitahuan

5. Lalu akan muncul tanda seperti di atas.

Adapun kriteria penerima BSU tahap 2 bisa dicek di Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.

Demikianlah informasi soal tanda yang muncul jika BSU tahap 2 sudah cair dan cara cek daftar penerima BLT subsidi gaji di BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker.****


Sumber : jogja.suaramerdeka.com