Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 3: Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh, Jawaban Latihan Pemahaman

GARUTSELATAN.NET - Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh? Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh.

Contoh Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3


Topik Merdeka Belajar, pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD, pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya, dan penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid.

Tidak ada individu yang sama dan zaman selalu bergerak dinamis. Hampir setiap kita menyadari kedua hal tersebut. Menyadari keunikan setiap dan semua murid merupakan satu hal. Bagaimana penerapan kelas yang memfasilitasi setiap kodrat individu merupakan hal lainnya.

Agar Ibu/Bapak bisa menyelsaikan Modul 3 yang harus dilakukan yaitu menjawab pertanyaan pada Latihan Pemahaman serta mengisi Cerita Reflektif pada setiap materi. 


Berikut GSN bagikan Contoh Jawaban Modul 3: Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh, Latihan Pemahaman serta mengisi Cerita Reflektif.


A. Materi Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh


1. Dasar pendidikan yang berkaitan dengan "sifat" dan "bentuk" dimana murid berada disebut:

A. Trikon

B. Kodrat Keadaan

C. Kodrat Alam

D. Kodrat Zaman


2. Kodrat Keadaan merupakan...

A. Bagian terpenting dari saat mengajar

B. Bagian yang harus disadari oleh guru

C. Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid

D. Bagian yang terpisahkan dari pembelajaran




3. Melalui pembelajaran di tiktok, menurut Bapak/ Ibu, kompetensi abad 21 apa saja yg bisa terasah?

A. Berpikir kritis

B. Kreatif dan Inovatif

C. Komunikasi

D. Kolaborasi

E. Semua jawaban benar


Cerita Reflektif : Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda?

Jawaban : Saya menggunakan Instagram, YouTube, dan Facebook sebagai media untuk mengasah ketrampilan abad ke-21 murid saya.


B. Materi Trikon



1. Latihan Pemahaman : Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?

A. Konsentris

B. Konvergen

C. Kontinuitas

D. Konvergensitas




2. Cerita Reflektif : Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?

Jawaban : Dikarenakan saat ini setiap desa memiliki program unggulan untuk memajukan desanya seperti objek wisata unggulan desa yang dikelola oleh BUMDes maka pada materi mendeskripsikan tempat saya akan memberikan projek kelompok kepada siswa dengan meberikan pertanyaan seperti : Apa yang menjadi keunikan desamu bila dibandingkan dengan desa lainnya? Anda bisa mengelaborasikannya dengan potensi utama desa atau objek wisata ungulan di desamu?. Sebelum projek dipresntasikan guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk melakukan konseling. Hasil projek akan dipublikasi  melalui akun sosial media mereka sebagai bentuk perayaan atas terselesaikannya projek mereka dan sebagi wujud kontribusi mereka untuk memperkenalkan keunikan dan potensi desanya kepada masyarakan luas.


Demikian informasi tentang Modul 3: Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh, Jawaban Latihan Pemahaman dan jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-teman, saudara atau rekan guru semua, semoga bermanfaat.


Pencarian yang banyak dicari:
  • jawaban latihan 
  • kunci jawaban latihan pemahaman
  • modul 1 mengenali & memahami diri sebagai pendidik
  • jawaban cerita reflektif
  • pelatihan mandiri topik merdeka belajar
  • implementasi kurikulum merdeka
  • mengenali diri & perannya sebagai pendidik
  • apa peran saya sebagai guru
  • ingin menjadi guru seperti apa saya
  • jawaban post test modul 1
  • jawaban post test modul 2
  • jawaban post test modul 3