Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Cek Nama Penerima PKH dan BPNT Agustus 2022, Segera Akses tuk Cairkan Bansos Kemensos

Link Cek Nama Penerima PKH dan BPNT Agustus 2022, Segera Akses tuk Cairkan Bansos Kemensos



Kementrian Sosial (Kemensos) pada Agustus 2022 ini masih menyalurkan sejumlah bansos kepada penerima warga yang tercatat di DTKS Kemensos.

Pada Agustus 2022 ini terdapat 2 bansos yang dicairkan Kemensos, di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Penerima yang ingin cek apakah namanya terdaftar sebagai penerima PKH dan BPNT Agustus 2022 bisa akses link resmi yang sudah disediakan Kemensos.

Link resmi untuk cek nama penerima PKH dan BPNT Agustus 2022 tersebut bisa diakses secara online oleh siapa saja, termasuk penerima kedua bansos dari Kemensos ini.

Diketahui bersama, link Kemensos, yakni cekbansos.kemensos.go.id ini merupakan link terpadu yang bakal menampilkan sejumlah keterangan termasuk nama penerima PKH dan BPNT Agustus 2022.

Nama-nama yang muncul di link cekbansos.kemensos.go.id tersebut nantinya bisa mencairkan bansos PKH dan BPNT Agustus 2022 yang saat ini masih disalurkan Kemensos.

Sebagai informasi, PKH Agustus 2022 ini bakal disalurkan kepada beberapa kategori masyarakat berupa uang tunai dengan nominal yang berbeda-beda.

Mereka nantinya bisa segera mencairkan dana OKH Agustus 2022 ke lembaga penyalur seperti Bank Himbara yang meliputi Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Siswa SD hingga SMA, ibu hamil, lansia, balita hingga penyandang disabilitas merupakan kategori yang nantinya berhak mencairkan PKH Agustus 2022 jika memenuhi syarat.

PKH Agustus 2022 yang sednag disalurkan Kemensos ini merupakan bagian dari tahap 3, yang mana jika berdasarkan jadwal sudah dimulai sejak Juli hingga September 2022 nanti.

Kendati begitu, tanggal pencairan PKH tahap 3 di 2022 masih belum ada informasi resmi dari Kemensos.

Berbeda dengan PKH, BPNT Agustus 2022 merupakan bagian bansos yang disalurkan rutin setiap bulan dalam bentuk saldo dengan nominal Rp200.000 per penerima.

Saldo BPNT Agustus 2022 senilai Rp200.000 bisa digunakan untuk membeli sembako berupa beras, buah, telur, ayam hingga daging di e-waroeng.

Masyarakat yang ditetapkan sebagai penerima dari bansos PKH dan BPNT Agustus 2022 bisa akses link cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui siapa saja yang berhak mencairkan kedua bansos dari Kemensos ini.

Untuk cek nama penerima PKH dan BPNT Agustus 2022 sebenarnya memiliki mekanisme yang sama. Lalu bagaimana caranya?

Masyarakat hanya perlu menyiapkan KTP dan HP yang terhubung ke internet terlebih dahulu sebelum masuk ke link cekbansos.kemensos.go.id.

Apabila sudah berhasil masuk, segera pilih nama Provinsi/Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa. Setelah itu, input identitas lengkap berupa nama dan NIK KTP.

Selanjutnya, ketik ulang 8 huruf kode yang tersedia dalam kotak. Ulangi jika kurang jelas. Terakhir, klik tombol "Cari Data" yang akan menampilkan sejumlah keterangan.

Keterangan yang muncul di link Kemensos tersebut yakni nama penerima, jenis bansos, periode bansos, serta status apakah bantuan sudah disalurkan atau belum.

Jika identitas KTP yang dimasukkan ke link Kemensos tersebut muncul, maka dipastikan bakal dapat PKH dan BPNT Agustus 2022.

Nama-nama tersebut bisa segera mendatangi lembaga penyalur seperti Kantor Pos, agen atau Bank Himbara yang meliputi Mandiri, BNI, BRI, dan BTN guna mencairkan kedua bansos dari Kemensos tersebut.

Namun, lantaran belum ada keterangan resmi dari Kemensos kapan kedua bansos pada Agustus 2022 ini bakal disalurkan, maka penerima diharap agar bersabar hingga informasi pencairan PKH dan BPNT keluar.

Demikian ulasan terkait link untuk cek nama penerima PKH dan BPNT Agustus 2022 yang bisa segera diakses untuk mencairkan kedua bansoa dari Kemensos.***


Sumber : depok.pikiran-rakyat.com