Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022: Sulit Dipalsukan hingga Ramah Disabilitas

Kelebihan Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022: Sulit Dipalsukan hingga Ramah Disabilitas



Bank Indonesia kini telah resmi mengumumkan adanya uang emisi 2022 yang dilengkapi kelebihan dan fitur canggih untuk mendukung transaksi dan penukaran mata uang di Indonesia. Uang baru ini juga sudah resmi beredar bertepatan dengan HUT RI ke-77 tahun kemarin, Selasa (17/8/2022).

Bank Indonesia meluncurkan uang baru ini dalam berbagai pecahan, antara lain Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Uang baru ini juga dilengkapi beberapa kelebihan dibandingkan dengan uang kertas lama. Simak inilah deretan kelebihan dan fitur canggih uang emisi 2022.

Lebih tebal

Uang emisi 2022 ini lebih kuat dan tebal dibanding uang emisi sebelumnya. Selain itu, ketebalan uang ini juga memiliki ciri khusus sehingga dapat mencegah adanya pemalsuan uang karena ketebalan khususnya sulit untuk diduplikasi.

Fitur rectoverso


Fitur terbaru dari uang emisi 2022 adalah fitur rectoverso, dimana fitur ini adalah sebuah teknik cetak uang khusus yang membuat gambar yang dicetak berada di posisi yang sama dan saling membelakangi. Jika diterawang, kedua gambarnya akan terlihat utuh.

Warna lebih tajam

Kelebihan lainnya dari uang emisi 2022 adalah warnanya yang lebih tajam dilengkapi dengan hologram yang dapat diterawang.

Pemilihan warna yang lebih tajam ini diungkap pihak Bank Indonesia untuk menghindari kekeliruan yang sering terjadi pada uang emisi sebelumnya sehingga warna yang dipilih mempunyai perbedaan yang signifikan agar mudah ditandai

Ketahanan lebih baik

Uang ini juga dicetak dengan menggunakan serat kapas khusus dan berbahan baku yang lebih padat dari uang emisi sebelumnya sehingga diklaim mempunyai ketahanan yang lebih baik dan tidak mudah rusak.

Fitur electrotype dan watermark

Uang emisi 2022 jika diterawang juga akan memperlihatkan watermark dan ornamen electrotype pada setiap pecahan uang sebagai bukti uang tersebut adalah uang asli. Watermark dan ornamen electrotype ini dapat dilihat jelas dari sudut pandang yang berbeda.

Selain itu, uang kertas tahun emisi 2022 ini juga menjadi sulit dipalsukan.

Ramah disabilitas

Uang emisi 2022 ini juga ramah disabilitas, terutama para tunanetra karena terdapat fitur canggih dengan kode timbul khusus di sisi kanan dan kiri uang sehingga mudah dikenali pecahan uang tertentu.

Uang emisi 2022 ini juga menampilkan beberapa foto pahlawan yang sudah ada di pecahan uang emisi sebelumnya, seperti Idham Chalid dan Hoesni Thamrin. Bank Indonesia juga membagikan uang pecahan terbaru ini kepada para gubernur sesuai dengan tanggal lahir mereka.


Sumber : www.suara.com