Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detik-detik Ferdy Sambo Perintahkan Bharada E Bunuh Brigadir J

Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka dalang pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J). Begini rangkaian cara keji Ferdy Sambo 'meminjam tangan' anak buahnya untuk membunuh Brigadir J.

Peran Irjen Ferdy Sambo dalam pembunuhan Brigadir Yoshua diungkap langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, dan Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Ada sejumlah orang dalam peristiwa pembunuhan di rumah dinas Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Jl Duren Tiga Utara II, tak jauh dari rumah pribadinya di Jl Saguling III, Jakarta Selatan, tepatnya di rumah dinas lantai 1 depan kamar istri Ferdy Sambo, pada 8 Juli. Berikut rinciannya:

Tersangka

1. Irjen FS (Ferdy Sambo)
2. Bharada RE atau E (Richard Eliezer), ajudan Ferdy Sambo
3. Brigadir RR atau R (Ricky Rizal), ajudan istri Ferdy Sambo
4. KM, sopir Ferdy Sambo

Korban

Brigadir J (Nofriansyah Yoshua Hutabarat), ajudan Sambo yang menjadi korban pembunuhan.

Rangkaian cara Ferdy Sambo sesuai yang disampaikan Polri:

1. Sambo minta Bharada E tembak Brigadir J

Rangkaian cara pembunuhan terhadap Brigadir J diawali oleh Ferdy Sambo yang meminta Bharada E menembak Brigadir J. Hal ini disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh Saudara RE atas perintah Saudara FS," kata Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

2. Sambo pakai senjata Brigadir J untuk tembak dinding

Setelah Bharada E menembak Brigadir J, Sambo lantas mengambil pistol Brigadir J. Menggunakan pistol Brigadir J, Sambo lantas menembak dinding ruangan tempat kejadian perkara (TKP) supaya terkesan Brigadir J melepaskan tembakan.

"Saudara FS melakukan penembakan dengan senjata milik Saudara J ke dinding berkali-kali untuk membuat kesan seolah telah terjadi tembak-menembak," kata Sigit.

(Sebagian isi berita ini dimutakhirkan Selasa (9/8) pukul 22.30 WIB. Sebagian isi berita diubah karena ada kesalahan informasi mengenai kepemilikan senjata yang digunakan Bharada Eliezer untuk menembak Brigadir J. Informasi yang benar, atas perintah Ferdy Sambo, Eliezer menggunakan senjatanya sendiri untuk menembak Brigadir J)

Peran-peran

Menurut polisi, masing-masing orang punya peran dalam membunuh Brigadir J. Ada yang menembak Brigadir J, ada pula yang menyaksikan.

Berikut adalah peran masing-masing orang di lokasi pembunuhan Brigadir J, berdasarkan keterangan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Agus Andrianto:

1. Irjen Ferdy Sambo: Menyuruh penembakan Brigadir J
2. Bharada E: Menembak Brigadir J
3. Brigadir R: Menyaksikan penembakan
4. KM: Membantu dan menyaksikan penembakan terhadap Brigadir J [detik.com]