Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar DTKS Kemensos 2022 Online Lewat HP agar Dapat Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Cair Bulan Ini

 Bantuan Sosial (bansos) PKH tahap 3 dan BPNT kembali dicairkan pemerintah di bulan Agustus 2022.



Syarat utama agar dapat bansos PKH tahap 3 dan BPNT cair bulan ini, masyarakat harus terdaftar di DTKS Kemensos 2022 atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial.

Informasi cara daftar DTKS Kemensos 2022 online lewat HP agar dapat bansos PKH tahap 3 dan BPNT cair bulan ini, bisa Anda simak di sini.

DTKS Kemensos 2022 merupakan acuan pemerintah dalam menentukan penerima berbagi program bansos, diantaranya bansos PKH tahap 3 dan BPNT.

DTKS Kemensos 2022 memuat 40% data masyarakat dengan tingkat kesejahteraan sosial rendah dan bisa diusulkan jadi penerima bansos.

Oleh karena itu, masyarakat yang terdaftar dalam DTKS Kemensos berkesempatan mendapatkan bansos PKH dan BPNT apabila memenuhi syarat sebagai kriteria penerima dari kedua program bansos tersebut.

Sebagai informasi, PKH adalah singkatan dari Program Keluarga Harapan yaitu bantuan sosial bersyarat yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau rentan miskin.

PKH menyasar berbagai kategori masyarakat mulai dari ibu hamil, anak usia 0-6 tahun, lansia, penyandang disabilitas berat, siswa SMA, SMP, dan SD.

Masing-masing kategori penerima PKH mendapatkan bantuan langsung tunai atau BLT dengan nominal berbeda yang cair empat tahap dalam satu tahun.

Jadwal pencairan PKH yaitu Januari, April, Juli dan Oktober. Namun apabila dana BLT tidak selesai tersalurkan sesuai jadwal, pencairan dilanjutkan sampai bulan berikutnya seperti terjadi di bulan Agustus ini.

Sedangkan BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai adalah bantuan sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat miskin atau rentan miskin.

Awalnya BPNT cair secara non tunai, tapi di tahun 2022 program bansos ini cair secara tunai di Kantor Pos.

Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima BPNT mendapatkan bantuan Rp2,4 juta per tahun yang dicairkan setiap bulan sebesar Rp200.000.

Bantuan tersebut dapat ditukar dengan berbagai kebutuhan pangan seperti beras, telur, daging, dan sebagainya di e-waroeng yang bekerjasama dengan bank penyalur (BRI dan Mandiri).

Lantas bagaimana cara daftar DTKS Kemensos 2022 online lewat HP agar dapat bansos PKH tahap 3 dan BPNT cair bulan ini?

1. Siapkan HP yang dilengkapi dengan kuota internet.

2. Unduh aplikasi Cek Bansos lewat Play Store di handphone (HP) Anda.

3. Klik ‘Buat Akun Baru’ untuk registrasi akun pendaftaran DTKS Kemensos 2022.

3. Isi data diri dengan mengisi NIK KTP, nomor KK, dan seterusnya.

4. Unggah swafoto KTP dan foto KTP asli pengusul DTKS Kemensos 2022.

5. Klik ‘Buat Akun Baru’.

6. Setelah proses pembuatan akun selesai, buka aplikasi Cek Bansos Kemensos Lalu, pilih menu ‘Daftar Usulan’.

7. Selanjutnya, klik ‘Tambah Usulan’.

8. Isi data diri pengusul DTKS Kemensos 2022 sesuai petunjuk yang diminta.

9. Unggah foto KTP asli dan foto rumah pengusul DTKS 2022 tampak depan.

10. Jika sudah, klik ‘Tambah Usulan’.

Selanjutnya data pengusul DTKS Kemensos akan melewati proses verifikasi dan validasi dari Kemensos, untuk menentukan apakah layak diterima.

Apabila diterima, maka data pengusul yang sudah masuk DTKS Kemensos bisa dapat bansos PKH dan BPNT.

Namun perlu diingat, hal itu sangat bergantung pada ketersediaan kuota penerima dan anggaran yang tersedia.

Meski sudah terdaftar DTKS Kemensos, masyarakat juga bisa saja tidak dapat bansos PKH dan BPNT jika tidak memenuhi syarat atau kriteria yang ditentukan sebagai penerima.

Meski demikian, masyarakat yang terdaftar DTKS Kemensos, berkesempatan mendapatkan program bantuan sosial lain baik dari pemerintah daerah atau pusat.

Untuk memperbesar peluang pendaftaran DTKS Kemensos diterima, pastikan pengusul memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Pengusul adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Masuk dalam golongan masyarakat miskin atau rentan miskin.

3. Memiliki data yang padan di Dukcapil.

4. Pengusul bukan ASN, PNS, TNI atau Polri.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar DTKS Kemensos 2022 online lewat HP agar dapat bansos PKH tahap 3 dan BPNT cair bulan ini.

SUMBER: https://depok.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-095210357/cara-daftar-dtks-kemensos-2022-online-lewat-hp-agar-dapat-bansos-pkh-tahap-3-dan-bpnt-cair-bulan-ini?page=5