Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPNT Cair Lagi Agustus 2022, Buruan Cek Daftar Nama Penerima Bantuan Sembako di Sini

 BPNT cair lagi Agustus 2022, segera cek daftar nama penerima bantuan sembako lewat laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.



Selain cek daftar nama penerima bantuan sembako, Anda juga bisa cek tanggal pencairan BPNT yang cair Agustus 2022 di link tersebut.

Sebagaimana diketahui, BPNT atau Bantuan Pangan Non-Tunai adalah program bantuan pangan non tunai yang diterima KPM setiap bulannya.

Namun, karena adanya kendala, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) merapel proses penyaluran Bansos Sembako atau BPNT yang seharusnya disalurkan per bulan.

Sejak bulan Juni hingga Juli 2022, bansos BPNT belum diterima oleh KPM yang telah terdata di DTKS sebagai penerima manfaat.

Banyak masyakarat yang bertanya, apakah BPNT akan dirapel di bulan Agustus 2022 ini.

Jika bantuan sembako dirapel di bulan Agustus 2022, maka nantinya satu keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan bansos BPNT senilai Rp600 ribu.

Kemungkinan poses penyaluran BPNT yang cair Agustus 2022 ini akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero).

Untuk mengetahui jadwal pencairan dan penerima BPNT yang cair Agustus 2022, Anda bisa cek langsung dengan cara berikut.

1. Hal pertama, buka situs cekbansos.kemensos.go.id.

2. Setelah logon, pilih alamat wilayah administrasi sesuai domisili dengan memilih provinsi, kabupaten, kecamatan, serta desa/kelurahan.

3. Kemudian Input nama lengkap PM sesuai KTP pada kolom yang tersedia.

4. Input juga 8 huruf kode captcha yang tertera di kotak kode.

5. Jika huruf kode captcha tidak terbaca jelas, maka Anda dapat meminta kode baru dengan cara klik refresh kotak kode.

6. Periksa kembali data yang sudah diisi apakah sudah benar dan sesuai, lalu klik tombol “CARI”.

Sistem akan memunculkan data hasil pencairan berupa Nama Penerima, Umur, Jenis Bansos, Status Ket, dan Periode pencairan BPNT Agustus 2022.

Bagi Anda yang belum terdata sebagai penerima bansos BPNT Agustus 2022, bisa mendaftar lewat kelurahan.

Calon KPM nantinya akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

Data yang telah diisi oleh calon penerima diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten

Calon KPM perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, NIK (jika ada), dan Kode Unik Keluarga/Individu dalam Data Terpadu.

Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial BPNT akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Kartu KKS ini nantinya yang akan berfungsi sebagai ATM sebagai alat untuk membeli kebutuhan pangan di agen terkait.

Penerima bantuan sosial BPNT yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat yang telah ditunjuk.***

SUMBER: https://depok.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-095176951/bpnt-cair-lagi-agustus-2022-buruan-cek-daftar-nama-penerima-bantuan-sembako-di-sini?page=3