Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPNT Agustus 2022 Bakal Dirapel Rp600.000? Simak Infonya dan Cara Cek Penerima Pakai KTP di Sini

BPNT Agustus 2022 Bakal Dirapel Rp600.000? Simak Infonya dan Cara Cek Penerima Pakai KTP di Sini



BPNT atau Bantuan Pangan Non-Tunai yang dijalankan Kemensos hingga Agustus 2022 masih terus diberikan kepada orang dengan data KTP terdaftar sebagai penerima.

Diketahui bersama, BPNT termasuk yang cair Agustus 2022 merupakan bansos yang disalurkan rutin setiap bulan dengan nominal Rp200.000 per penerima.

Akan tetapi, BPNT bulan Juni dan Juli 2022 hingga memasuki awal Agustus 2022 belum disalurkan. Lalu benarkah BPNT bakal dirapel Rp600.000 lagi? Simak penjelasan berikut.

Seperti diketahui, apabila nama tercantum sebagai penerima, maka nama KTP yang dicek melalui link resmi Kemensos bakal mendapat BPNT dengan nominal Rp200.000 per bulan.

Namun, Kemensos tidak melakukan penyaluran BPNT di 2 bulan tersebut hingga awal Agustus 2022 ini.

Mengacu pada periode penyaluran Januari hingga Maret 2022 lalu, BPNT juga pernah dirapel mengingat Kemensos tidak melakukan pencairan di Februari dan Maret 2022.

Kemensos menggulirkan BPNT yang dirapel selama 3 bulan mulai Januari hingga Maret 2022 sejumlah Rp600.000 per penerima.

Apabila melihat pola penyaluran BPNT yang 2 tidak disalurkan, Kemensos bakal merapelnya selama 3 bulan.

Dengan demikian, ada kemungkinan jika BPNT Agustus 2022 ini bakal dirapel dengan Juni dan Juli 2022 senilai Rp600.000 tiap penerima.

Meskipun begitu, info bahwa BPNT Agustus 2022 bakal dirapel menjadi Rp600.000 saat ini belum ada kejelasan dari Kemensos selaku penyalur.

Penerima bisa cek terlebih dahulu nama penerima melalui link resmi Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id sembari menunggu informasi terkait apakah BPNT Agustus 2022 bakal dirapel Rp600.000 atau tidak.

Cek nama penerima di cekbansos.kemensos.go.id pun cukup mudah karena masyarakat hanya perlu menyiapkan KTP dan HP guna mengakses link tersebut.

Nantinya, masyarakat hanya diminta memasukkan identitas diri sesuai yang tertera di KTP ke cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah namanya tercatat sebagai penerima atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara cek nama penerima BPNT Agustus 2022 pakai data KTP di link cekbansos.kemensos.go.id.

1. Tahap awal, segera akses cekbansos.kemensos.go.id menggunakan HP yang terkoneksi jaringan internet.

2. Selanjutnya, pemilik KTP tersebut bisa pilih nama provinsi, kabupaten atau kota, dan kelurahan atau desa. Lalu input data diri sesuai KTP.

3. Tulis ulang 8 huruf kode dipisahkan spasi pada kolom yang tersedia. Refresh jika kurang jelas untuk mendapat yang baru.

4. Tahap terakhir segera klik "Cari Data" yang nantinya bakal memuat nama penerima, jenis bansos, periode bantuan, dan status apakah BPNT Agustus 2021 sudah disalurkan atau belum.

Nama KTP yang muncul usai akses link cekbansos.kemensos.go.id, maka dipastikan mendapat BPNT Rp200.000 jika tertulis YA pada kolom status bantuan atau Rp600.000 jika dirapel tiga bulan.

Bagi nama KTP yang muncul di link cekbansos.kemensos.go.id bisa segera mendatangi lembaga penyalur BPNT.

Namun lantaran belum ada informasi di mana dan kapan BPNT Agustus 2022 bakal disalurkan, penerima harus menunggu pengumuman dari Kemensos terlebih dahulu.

Akan tetapi jika mengacu pada penyaluran rapel Januari hingga Maret 2022 lalu, BPNT bakal dicairkan di Kantor Pos.

Sehingga, penerima wajib membawa berkas berupa KK dan KTP asli beserta salinannya, serta undangan dari Kemensos yang sebelumnya telah diberikan.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika BPNT Agustus 2022 bakal disalurkan melalui agen atau Bank Himbara seperti sebelumnya.

Jika BPNT Agustus 2022 cair lewat Bank Himbara atau agen, maka penerima hanya perlu membawa KKS yang berfungsi sebagai ATM untuk mencairkan bantuan yang berupa saldo.

Uang BPNT Agustus 2022 yang telah diambil nantinya, baik lewat Kantor Pos maupun agen atau Bank Himbara, bisa dipergunakan untuk membeli sembako berupa beras, telur, ayam, daging, dan buah.

Dengan uang BPNT Agustus 2022 yang disalurkan Kemensos ini, pemerintah dan Kemensos selaku penyalur berharap agar kebutuhan pangan dan gizi penerima bisa tercukupi.***


Sumber : depok.pikiran-rakyat.com