Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 2 dan Gaji 13 Cair Juli 2022, ini Daftar Daerah yang Terima TPG

 Berita Aktual_Kabar gembira bagi para guru yang sedang menantikan pencairan tunjangan sertifikasi triwulan 2 dan gaji 13.

Tentunya penerimaan tunjangan sertifikasi guru atau TPG triwulan 2 dan gaji 13 ini menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh kalangan guru.

Baru-baru ini, diketahui bahwa tunjangan sertifikasi triwulan 2 dan gaji ke 13 diberikan oleh pemerintah dalam waktu dekat.

Malah, beberapa wilayah di Indonesia sudah ada yang mencairkan tunjangan sertifikasi triwulan 2 dan gaji ke 13, meski belum semua daerah mendapatkan hal tersebut.

Perlu diketahui pemberian tunjangan sertifikasi guru atau TPG triwulan 2 bertujuan untuk memberi penghargaan kepada guru, sebagai tenaga profesional dalam melaksanakan tugasnya di lembaga pendidikan.

Sedangkan, pemberian gaji ke 13 bertujuan untuk menambah penghasilan bagi PNS dengan menggabungkan beberapa komponen, yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan, serta tunjangan kinerja.

Dilansir dari kanal YouTube Guru Abad 21, berikut beberapa daerah di Indonesia yang sudah mencairkan tunjangan sertifikasi triwulan 2 atau TPG dan gaji ke 13:

1. Daftar daerah yang sudah cairkan tunjangan sertifikasi triwulan 2, yaitu:

Kab Humbang Hasundutan

Kab Banjar, Kalimantan Selatan

Kab Ciamis

Kab Oku Timur

Kab Basel

Kab Muara Enim

Kab Toli Toli


2. Daftar daerah yang sudah cairkan gaji ke 13, yaitu:

Kab Basel

Kab Makassar

Kab Sijunjung

Kab Binjai

Kota Sintang

Kab Bandung 

Sumatera Barat

Diketahui, untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru triwulan 2 dan gaji ke 13, seorang guru ASN harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Hal tersebut mengacu pada Permendikbud No 4 Tahun 2022, bagi guru ASN yang ingin mendapatkan tunjangan sertifikasi triwulan 2 harus memenuhi syarat.

Syarat tersebut di antaranya memiliki sertifikat pendidik, memiliki status sebagai guru ASN di daerah di bawah binaan Kementerian, serta mengajar pada satuan pendidikan yang tercatat pada Dapodik.

Di samping itu, guru ASN juga harus memiliki nomor registrasi Guru yang diterbitkan oleh Kementerian, melaksanakan tugas mengajar dan membimbing peserta didik pada satuan pendidikan sesuai dengan peruntukan Sertifikat Pendidik.

Tak hanya itu, penerima tunjangan sertifikasi guru dan gaji 13 ini juga perlu memenuhi beban kerja, sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada dalam undang-undang.

Guru ASN yang ingin menerima tunjangan sertifikasi juga harus memiliki hasil penilaian kinerja paling rendah dengan sebutan “Baik”.

Sedangkan gaji 13 diperuntukkan kepada PNS, PPPK, TNI, Polri, pejabat negara pensiunan, dan lainnya.


Sumber : Ayobangdung.com

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.