Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NasDem Ungkap Pesan Paloh ke Prabowo: Kita Ini Sudah Tua-tua

Elite Partai NasDem Zulfan Lindan mengungkap pesan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Ketua Umum Prabowo Subianto saat bertemu beberapa waktu lalu di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Saat itu, kata Zulfan, Surya Paloh berpesan kepada Prabowo bahwa usia mereka sudah tidak muda lagi untuk melaju pada kontestasi 2024 mendatang.

Mulanya, Zulfan bercerita seluruh DPW NasDem memiliki jagoan masing-masing untuk disodorkan maju bakal capres 2024 di Rakernas NasDem beberapa waktu lalu.

"Saya ingin cerita dulu bagaimana ini di lingkungan saya yang terjadi di internal NasDem berkaitan dengan 3 calon itu. Semula kan semuanya masing-masing DPW punya calon, macam-macam, ada Gubernur Aceh, ada Gubernur Khofifah maju kan, bisa 20 calon presiden," kata Zulfan di acara Total Politik, di Bangi Kopi, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (17/7/2022).

Kemudian, dari 20 nama bakal capres yang terkumpul, mengerucut menjadi 5 calon. Sesuai kesepakatan, akhirnya NasDem hanya memilih 3 terbesar. Dari 3 bakal capres itu, kata Zulfan, tak ada satu pun internal NasDem yang mencalonkan Prabowo.

"Memang hebatnya dari internal NasDem tidak ada satu struktur terbawah pun yang mencalonkan Prabowo. Lo, artinya ini terkoordinasi dengan baik kan," kata Zulfan sambil disambut gelak tawa hadirin.

Di sinilah Ketua DPP NasDem ini membocorkan pesan Surya Paloh kepada Prabowo yang bertemu selama 5 jam. Paloh berpesan kepada Prabowo bahwa usia mereka sudah tua dan saatnya memberi kesempatan kepada yang muda-muda untuk maju sebagai capres.

"Kan sebenarnya kader-kader NasDem itu menangkap Pak Surya bilang 'sudahlah Pak Prabowo, kita ini sudah tua-tua, kasih yang muda-muda lah, kan gitu, itu sudah ditangkap," kata.

Rupanya, kata Zulfan, pesan itu ditangkap para kader, sehingga tak satu pun di kalangan internal mereka yang memilih Prabowo saat Rakernas NasDem. Kendati demikian, kata Zulfan, di dunia politik tidak menutup kemungkinan kondisinya akan berbalik.

"Iya, kembali lagi saya bicara politik, itu bisa berbalik nanti, pengalaman hidup kita pernah tidak suka betul suka sama seseorang, tapi tiba-tiba pada suatu saat jadi kawan dekat, baik laki atau perempuan," kata Zulfan.

Tiga Nama Bakal Capres NasDem

Partai NasDem telah memilih Gubernur DKI Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres di 2024. Tidak ada nama Prabowo Subianto dalam tiga nama pilihan NasDem.

Tiga nama itu diumumkan oleh Ketua Umum Surya Paloh di Rakernas NasDem, JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6). Ketiga nama itu berdasarkan hasil usulan seluruh DPW NasDem yang dilanjutkan dalam musyawarah steering committee.

"Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal capres, pertama, Anies Rasyid Baswedan; kedua, Muhammad Andika Perkasa; ketiga, Ganjar Pranowo," ujar Ketum NasDem Surya Paloh di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (17/6) [detik.com]