Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Tetapkan 7 Pahlawan Nasional Jadi Gambar Depan Rupiah Kertas Tahun Emisi 22

Berita Aktual_Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan nama Pahlawan Nasional yang menjadi gambar utama di bagian depan rupiah kertas Indonesia tahun emisi 22. Ada tujuh pahlawan nasional yang nama serta wajahnya digunakan di rupiah kertas tersebut.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 tahun 2022 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Aturan ini diteken Jokowi pada 6 Juli 2022.

"Menetapkan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian bunyi Pasal 1 sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Keppres, Rabu (13/7/2022).

Adapun Pahlawan nasional Soekarno dan Muhammad Hatta sebagai gambar utama untuk pecahan Rp100.000. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama pada pecahan Rp50.000.

Kemudian, G.S.S.J Ratulangi untuk pecahan Rp20.000, Frans Kaisiepo untuk pecahan Rp10.000, Idham Khalid untuk pecahan Rp5.000. Selanjutnya, Mohammad Hoesni Thamrin untuk Rp2.000 dan Tjut Meutia untuk Rp1.000.

"Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional," jelas Pasal 2.

Bentuk Penghargaan

Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional tersebut untuk penerbitan Rupiah kertas tahun emisi 2022. Adapun pencantuman gambar dan nama pahlawan nasional di mata uang Rupiah kertas ini sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional.

"Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan," bunyi Keppres.


Sumber : Liputan6

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.