Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Istri Mencari Nafkah karena Suami Pengangguran? Ini Penjelasan Buya Yahya

Bolehkah Istri Mencari Nafkah karena Suami Pengangguran? Ini Penjelasan Buya Yahya


Dalam berumah tangga, seorang suami memiliki peran penting. Tidak hanya membimbing istri, juga memberikan nafkah, baik lahir maupun batin.

Namun, apa jadinya apabila suami tidak mau bekerja alias pengangguran dan malah justru istri yang mencari nafkah? Simak penjelasan Buya Yahya berikut ini.

Buya Yahya menjelaskan bahwa kodratnya seorang laki-laki adalah mencari nafkah untuk istrinya. Namun, apabila sang suami telah berusaha maksimal untuk mencari nafkah dan pekerjaan, namun tak kunjung dapat, maka sang suami tidak berdosa.

"Saya heran dengan laki-laki semacam itu kalau memang ada laki-laki ongkang-ongkang. Kecuali seorang suami yang memang bekerja kemudian gagal, tidak bisa mendapatkan rezeki, itu tidak bisa disalahkan dan jangan dipaksa," ucap Buya Yahya dalam video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Jumat (22/7/2022).

Beda halnya dengan seorang suami yang sengaja atau malas untuk mencari pekerjaan. Buya Yahya tidak membenarkan dan melarang keras sikap laki-laki tersebut.

"Itu beda halnya dengan laki-laki ongkang-ongkang itu sama sekali tidak dibenarkan, apalagi nyuruh istrinya pergi ke pasar sedangkan dia di rumah. Itu kurang ajar namanya," ujar Buya.

Kendati begitu, apabila istri ikhlas untuk mencari nafkah untuk suami, kata Buya Yahya ganjarannya adalah pahala yang melimpah ruah. Pahala yang didapat diantaranya sedekah, infaq, dan menyenangkan hati suami.

"Kata Nabi ada dua pilihan, boleh kamu minta cerai karena tak bisa penuhi nafkah. Lalu pilihan kedua kamu boleh menafkahi keluarga dan suamimu setelah itu kamu mendapat pahala double," tutur Buya.

Artikel ini telah tayang di www.celebrities.id dengan judul "Bolehkah Istri Mencari Nafkah karena Suami Pengangguran? Ini Penjelasan Buya Yahya"

Sumber : www.celebrities.id