Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam Kritik soal Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week

Beragam Kritik soal Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week- Artis Baim Wong mendaftarkan nama Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Beragam Kritik soal Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week
ritik soal Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam 



Suami dari Paula Verhoeven ini mendaftarkan melalui perusahaan miliknya, PT Tiger Wong Entertainment.

Namun, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dilakukan Baim Wong ini justru menimbulkan kritik dari berbagai pihak.



Komedian, Ernest Prakasa bahkan menilai apa yang dilakukan oleh Baim Wong itu suatu bentuk keserakahan.

Tidak hanya dinilai serakah, Baim Wong pun juga dinilai tidak memiliki rasa malu hingga disebut miskin imajinasi dalam mengelola bisnis.



Selain dari public figure, kritikan pun juga dilontarkan oleh sejumlah netizen yang menyayangkan aksi dari Baim Wong tersebut.

Untuk selengkapnya berikut kritik kepada Baim Wong soal pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM.

1. Ernest Prakasa: Serakah


Komedian Ernest Prakasa menilai pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week oleh Baim Wong adalah bentuk keserakahan.


Bahkan, Ernest menganggap Baim Wong mengambil hak yang bukan merupakan ciptaannya sendiri.


"Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia."

"HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu," tulisnya di akun Twitter pribadinya pada Minggu (24/7/2022)



Kemudian, Ernest pun menjelaskan bahwa pendaftaran HAKI itu demi melindungi ide dan karya pekerja kreatif itu sendiri.

Sehingga, katanya, Baim Wong seharusnya memakai hati nurani saat melakukan pendaftaran ini ketika belum ada seorang pun mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkum HAM.

"HAKI itu dibuat untuk melindungi kreator, agar pekerja kreatif bisa sejahtera dari ide & karya mereka sendiri. Bukannya dulu-duluan maen sikat mumpung belom ada yang daftarin. Tolong lah dipake akal sehat & hati nuraninya," ujarnya.



2. Okky Madasari: Tak Tahu Malu dan Miskin Kreativitas


Penulis novel, Okky Madasari juga mengkritik Baim Wong terkait pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week ini.

Ia menilai cara bisnis Baim Wong tersebut adalah memalukan serta miskin imajinasi hingga kreativitas.



Okky pun juga mengkritik ketika Baim Wong dan istrinya mendatangi rumah salah satu founder Citayam Fashion Week, Bonge ke rumahnya dan membawa dua koper berisi uang.


Dirinya pun meminta agar Baim Wong merasa malu kepada pemuda Citayam karena mampu membuat suatu fenomena dan viral di masyarakat.


"Datang ke rumah pemuda Citayam dengan duit cash dua koper. Mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI. Pada akhirnya ini memang soal bisnis. Tapi sungguh contoh bisnis yang norak, nggak tahu malu, miskin imajinasi & kreativitas," tulisnya di akun Twitter pribadinya, @okkymadasari pada Minggu (24/7/2022).

3. Netizen: Kalau Mau Support ya Jangan Pakai Nama Sendiri

Tidak hanya public figure, netizen pun mengkritik Baim Wong atas pendaftaran Citayam Fashion Week ke Kemenkum HAM sebagai hak intelektual.


Akun bernama @junnhdn_ meminta seharusnya Baim Wong mengajarkan prosedur pendaftaran ini kepada pemuda-pemuda tersebut dan bukannya mendaftarkan atas nama sendiri yaitu perusahannya.

Kritikan ini dituliskan di salah satu unggahan Baim Wong di akun Instagram pribainya, @baimwong yang juga memberikan klarifikasi terkait niatannya mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week ke Kemenkum HAM.

"Kalau mau support ya ajari mereka cara daftar HAKI bukan justru daftar atas nama sendiri," tulis @junnhdn_.

Netizen lain dengan akun bernama @celineandhita pun mengkritik Baim Wong.


Ia menilai apa yang dilakukan Baim Wong adalah 'pencurian terhadap orang miskin oleh orang kaya'.

"Created by the poor, stolen by the rich. Shame on you!! (Diciptakan oleh orang miskin, dicuri oleh orang kaya. Memalukan!!)," tulisnya.


Netizen dengan akun bernama @freedysam pun mengungkapkan jika memang apa yang dilakukan Baim Wong adalah benar-benar membantu maka tidak perlu untuk mendaftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI Kemenkum HAM.