Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Ajarkan Anak SD Berhitung Cepat,

5 Cara Ajarkan Anak SD Berhitung Cepat - Selain kemampuan membaca, kemampuan berhitung perlu dikuasai anak usia Sekolah Dasar untuk mendukung pembelajaran di sekolah maupun aktivitas keseharian. 

5 Cara Ajarkan Anak SD Berhitung Cepat,
berhitung

Namun, mengajarkan berhitung untuk anak SD kerap menjadi tantangan sendiri bagi para orangtua. Berhitung kerap dianggap sulit bagi siswa yang masih duduk di kelas 1,2 dan 3. Itulah mengapa, pendampingan guru, orangtua maupun pengasuh sangat penting untuk mendorong kemampuan berhitung anak usia SD. 


Penabur Latih Kedisiplinan Siswa Dilansir dari Jurnal Penn State Extension, semakin banyak pengalaman yang dimiliki tentang berhitung, maka akan semakin besar juga keinginannya untuk belajar. Memahami arti angka juga membutuhkan pengalaman, untuk itu orangtua perlu melibatkan berhitung dalam kehidupan sehari-harinya. 


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong anak untuk bisa berhitung dengan cepat, berikut cara mengajarkan anak SD berhitung cepat, merangkum dari laman Sekolah BPK Penabur: 


1. Berhitung dengan Jari Metode pertama yang bisa dilakukan anak ialah metode berhitung dengan jari. Metode ini umumnya sudah diketahui oleh orangtua dan guru sebagai metode yang paling sederhana namun efektif. M


enghitung dengan jari dapat membantu anak menyelesaikan soal pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam skala kecil. Metode ini juga dinilai dapat mengaktifkan otak anak, karena merangsang ia untuk menggerakan anggota tubuh lain.


2. Menghitung barang kebutuhan sehari-hari Cara lain yang dapat digunakan ialah menghitung barang kebutuhan sehari-hari. Orangtua bisa mengajak anak pergi ke pasar tradisional untuk membeli buah, sayuran, makanan ringan. Selama berbelanja, orangtua dapat menanyakan berapa jumlah yang akan dibeli dan berapa harganya. 


Mengaitkan pelajaran berhitung dengan kehidupan sehari-hari dapat membuat anak lebih mudah memahaminya, karena mempraktekkannya secara langsung. Selain itu, membiasakan anak berhitung dalam kegiatan sehari-hari akan memperkaya pengalamannya dalam berhitung.


3. Manfaatkan permainan Pada usia Sekolah Dasar (SD) anak masih membutuhkan bermain. Maka, pembelajaran apapun yang sedang ia lakukan harus dibarengi dengan permainan agar mereka semakin termotivasi. Contoh permainan yang dapat menstimulasi anak untuk berhitung dengan cara menyenangkan ialah ular tangga, monopoli, atau tebak angka. 


Dengan melakukan permainan tersebut, secara tidak langsung anak akan belajar berhitung. Selain itu, bisa juga dengan bermain peran jual beli, permainan ini akan memberikan gambaran nyata kepada anak tentang menghitung sesuatu. 


4. Menggunakan nyanyian Lagu adalah metode yang sangat efektif untuk mengajari anak belajar. Karena menggunakan lagu, anak akan lebih mudah menghafal liriknya. Selain itu, anak juga akan lebih senang dan semangat dan tanpa disadari saat tersebut mereka juga sedang belajar.  


5. Menggunakan alat bantu hitung Meski harus tahu berhitung secara manual, anak juga perlu tahu bagaimana cara berhitung dengan alat bantu, seperti sempoa, kalkulator atau bahkan gadget. Cara ini dapat membantu anak menghitung cepat saat dibutuhkan, dan akan membuat anak mengenali bahwa berhitung dapat dilakukan dengan banyak cara.