Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Metode Jitu Belajar yang Baik serta Efektif

 Pendahuluan

Belajar merupakan serangkaian kegiatan mendalami, memahami mengenai salah satu pelajaran apapun, entah itu pengetahuan dalam bidang penddikan, ekonomi, politik, sosial, budaya, sains dan lainnya.

Salahsatu keutamaan yang dapat kita peroleh dari cara belajar efektif ini adalah bertambahanya pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu yang telah dipelajari

Bukan cuma pelajar sekolah saja yang diharuskan belajar, namun segala golongan wajib belajar. Mengutip dari perkataan orangtua kita dahulu jika “Tidak ada kata terlambat buat belajar”.

Apalagi, dalam agama Islam menyarankan masing- masing pemeluknya agar terus menuntut ilmu dan belajar. Sebagaimana yang terdapat dalam hadits tentang anjuran menuntut ilmu.


طَلَبُالْعِلْمِفَرِيْضَةٌعَلَىكُلِّمُسْلِمٍ

“Mencari ilmu adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan” (HR. Ibnu Abdil Barr).

Dalam proses pembelajaran yang dilalui, setiap individu tentunya memiliki metode ataupun cara yang berbeda.

Beberapa cara belajar yang biasanya digunakan antara lain: dengan membaca, belajar dengan metode menulis, terdapat pula yang belajar dengan mendengarkan (listening), dan adapula yang belajar dengan metode memamandang (melihat).

Bagaimana menemukan style belajar secara  baik dan tepat, tentunya terdapat kiat- kiat serta caranya. Berikut ini uraian singkat supaya cara belajar teman-teman menjadi efektif:


Berdoa.

Mulailah semua aktivitas dengan berdo’a tak terkecuali aktivitas belajar, sebaiknya teman-teman berdo’ a terlebih dahuulu dan memohon kepada Allah SWT supaya ketika belajar diberikan kemudahan, kepahaman menekuni pelajaran serta diberikan kelancaran dalam proses belajar.

Dianatara do’a yang sering di ucapkan adalah “Rabbi Dzidnii ‘llman warzuqnii fahman”. Artinya “Wahai Tuhanku berikanlah ilmu dan tambahkanlah kepahaman bagiku”

Sebagai mahluk yang tidak berdaya hendaknya kita selalu berdo’a dan memiminta petunjuknya, karena Allah SWT yang memberikan ilmu dan pemahaman.

Memilah waktu yang cocok.

Memilah waktu yang cocok merupakan kecakapan belajar teman-teman. Jikalau teman-teman belajar pada kondisi waktu yang tidak mood ataupun tidak nyaman, secara otomatis otak teman-teman akan sulit untuk mencerna dan memahami pelajaran yang sedang dipelajari.

Waktu yang cocok buat belajar yakni kala pagi hari, sebab keadaan raga belajar teman-teman masih dalam kondisi fresh serta ide kita belum banyak memikirkan bebagai hal

Ciptakan Kenyamanan Dalam Belajar.

Selanjutnya merupakan membangun kenyamanan belajar yang tenang. Gimana  sih cara membangun kenyamanan yang baik buat belajar itu? Betul, kenyamanan dan ketenangan ialah suasana yang dapat membuat teman-teman fokus serta gampang buat berkonsentrasi.

Contohnya Suasana belajar yang nyaman ialah tempat teman-teman belajar wangi serta bersih, tidak dalam suasana, bising dan berisik, temperatur ruangan yang cocok, serta lain sebagainya.

Kalau admin biasanya belajar di masjid. jadi seusai shalat berjama’ah admin tidak langsung pergi begitu saja akan tetapi berdiam diri di masjid sekitar 15 sampai 30 menit untuk membaca dan menghafalkan pelajaran.

Tau gak sih sesungguh setelah kita beribadah itu merupakan suasana yang paling kondusif untuk belajar. Karena ketika itu  hati sedang tenang dan nyaman.

Membaca merupakan kunci utama dalam belajar.

Dengan membaca kita hendak mendapatkan ilmu dari suatu yang kita baca. Seseorang suka membaca pastilah mendapatkan ilmu yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak gemar membaca.

Jadi, mulai semenjak dini biasakanlah hobi membaca. Sebab membaca hendak memudahkan teman-teman dalam menguasai bidang ilmu.

Bila teman-teman mau membaca ataupun mencari data yang diperlukan, kalian dapat menuju portal academia.edu ataupun google scholar. Sebab portal tersebut menyajikan bermacam konten data yang bermutu serta informatif.

Sehabis membaca, pahami apa yang sudah kalian baca.

Selanjutnya sehabis teman-teman membaca novel, koran, majalah, postingan ataupun media apapun itu, berikutnya merupakan menguasai isi dari novel ataupun media yang teman-teman baca tersebut.

Kenapa wajib memahaminya? Sebab jika teman-teman menghafal seluruh isi novel, koran, majalah, postingan ataupun media yang teman-teman baca itu hjauh lebih sulit.

Hafalkan kata kuncinya.

Teman-teman cuma butuh menghafal poin- poin berartinya saja dari novel, koran, majalah ataupun media yang teman-teman yang sudah baca dan pahami tadi.

Dengan kita menghafal hal- hal berartinya saja, bisa jadi sahabat nantinya bisa merumuskan sendiri apa makna dari novel, koran ataupun media yang sudah kita baca serta pahami tadinya.

Temukan Point Penting dan Catat!.

Setidaknya kita menulis point- point penting (kata kunci) yang telah sahabat hafal tadi. Sebab energi ingatan manusia pasti ada batasannya. Dan manusia tidak hendak terlepas dari kesalahan, kelupaan (Al Insaan mahalul khatha’ wan nisyan).

Jadi, bila kalian kurang ingat tantang apa yang sahabat baca dan pahami tadinya, kalian masih dapat melihatnya lagi tidak butuh membaca ulang novel, koran, majalah, postingan ataupun media tadinya.

Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Imam Asy Sya’bi rahimahullah “Jika dirimu mendengar manfaat ilmu, maka catatlah meskipun di tembok!” (Diriwayatkan oleh Khaitsamah, lihat Hilyah Thalibil ‘Ilmi hal. 53)

Hal ini dikuatkan pula dalam mahfudzat yang berbunyi: “Al-ilmu’ shoydun wa kitabatu qoyiduhu, qoyd shuyudaka bil habaali wa sthiqoti”

Artinya: “Ilmu adalah buruan, sedangkan tulisan adalah pengikat Maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat”

Luangkan waktu rehat dalam belajar.

Badan serta otak kita akan mengalami kelelahan apabila terlalu sering belajar. Oleh sebab itu, jika teman-teman belajar, berilah waktu buat diri kalian rehat.

Belajar secara berlebihan sehingga membuat pikiran dan badan capek sungguh tidak efektif! manajemen waktu dan istirahat yang baik membuat pola belajar teman-teman lebih bermutu. Karena tubuh dan otak butuh waktu untuk istirahat sehingga setelah istirahat akan mengahsilkan pemikiran dan badan yang lebih fresh

Belajar kelompok serta berbagi ilmu dan data.

Dengan belajar secara kelompok hendaknya mempermudah teman-teman dalam menanggulangi persoalan apabila ada kesulitan dikala belajar. Misal jikalau teman-teman tidak bisa menguasai suatu ilmu dapat langsung tanya kepada sahabat kelompok kita.

Belajar secara kelompok pula meringankan teman-teman dalam berbagi ilmu serta data. Dengan bertukar ilmu serta pula data dapat tingkatkan pengetahuan yang kalian memiliki.

Metode diskusi bersama teman-teman sungguh merupakan cara belajar  efektif apabila mengalami kesulitan. Dengan berdiskusi ini teman-teman tentunya berbagi pengetahuan satu dengan yang lainnya sehingga belajar akan lebih menyenangkan bukan?

Bertanya bila kurang mengerti.

Kala teman-teman menemui hambatan dalam belajar, bertanyalah kepada seorang yang paham Mengenai persoalan teman-teman misalnya guru, orangtua ataupun kakak.

Terlebih pada masa ini ada yang namanya wwe.google.com, di dalam google banyak sekali pengetahuan yang dapat teman-teman peroleh. Jadi kita dapat mempermudah dalam menanggulangi kasus sahabat pada waktu proses  belajar.