Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Membaca Efektif dan Cepat Memahami

Strategi Membaca Efektif dan Cepat Memahami - Membaca memberi banyak manfaat pada seseorang.Orang yang suka membaca tentu punya pengetahuan yang luas. Selain itu aktivitas membaca juga bisa menjadi ajang rekreasi, menjadi sarana hiburan yang tak kalah menariknya dibanding menonton atau mendengarkan musik.

membaca


Membaca juga perlu strategi. Ini agar kita dapat effetif dan cepat memahami apa yang kita baca. Ada sejumlah teknik membaca yang bisa kita gunakan. Berikut adalah empat strategi membaca yang dikutip dari IG @ditjen.dikti.



Previewing


Previewing merupakan teknik membaca dengan memahami apa yang ada dalam karya tertentu tanpa membaca isi teks. Dengan Previewing mampu memberikan gambaran umum dan menemukan bagian yang perlu dibaca, maupun bagian yang tidak.


Baca Juga : Mahasiswa Unair Menemukan Gelatah, Bahan Bakar Ramah Lingkungan


Langkah-langkah teknik membaca Previewing:


1. Membaca Judul.


2. Membaca abstrak (jika tersedia).


3. Membaca kalimat utama pada setiap paragraf.


4. Memperhatikan diagram, gambar, tabel, dan semacamnya.



Skimming


Skimming merupakan teknik membaca dalam jumlah kecil dari keseluruhan teks. Berbeda dengan Previewing, karena teknik ini membaca isi teks. Manfaat utama dari Skimming adalah kemampuan untuk mengambil ide-ide pokok dengan cepat. Meskipun membaca dengan cepat, tetap perlu membacanya secara runut mulai dari abstrak, hingga akhir halaman yang memiliki kesimpulan.



Scanning


Scanning merupakan teknik membaca sekilas bahan bacaan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum dan mencari informasi tertentu. Teknik ini digunakan ketika perlu menemukan detail spesifik pada topik untuk tugas yang telah ditetapkan. Kamu harus memindai teks untuk mencari kata-kata yang berhubungan dengan topik dengan menelusuri halaman dalam judul bab atau sub-judul, atau dalam teks itu sendiri.



Detailed Reading


Detailed Reading merupakan teknik membaca membaca intensif yang berfokus pada bagian-bagian penting seperti bab utama, buku, puisi, dan halaman untuk memperoleh pemahaman sepenuhnya atas suatau bahan bacaan. Teknik membaca ini biasanya merupakan langkah terakhir setelah Previewing, Skimming, dan Scanning. Ketika menggunakan teknik ini diharapkan membaca lebih dari sekali dan mencatat materi yang penting dan terperinci.