Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Guru dan Siswa Informatika Kelas VII SMP (Buku Penggerak)

GARUTSELATAN.NET - Buku Panduan Guru dan Siswa Informatika Kelas VII SMP (Buku Penggerak). Kurikulum dalam buku ini merupakan capaian pembelajaran yang dikembangkan per-fase, tidak dirumuskan per-jenjang (kelas). 

Buku Panduan Guru dan Siswa Informatika


Dalam konsep capaian pembelajaran per fase ini, sekolah dapat menerapkan alur pembelajaran dan mengatur kegiatan yang sesuai dengan kondisi sekolah agar siswa dapat belajar sesuai dengan tingkatan kemampuannya (teaching at the right level) dalam mencapai capaian minimal.

Mata pelajaran Informatika diharapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang berkontribusi pada terwujudnya profil pelajar Pancasila, khususnya dalam hal menumbuhkan daya nalar kritis dan kreatif siswa, serta bergotong royong dalam kebinekaan global di dunia maya.

Mata pelajaran Informatika akan dapat menyumbangkan kemampuan berpikir komputasional yang dilandasi oleh logika matematika. Kemampuan berpikir komputasional ini merupakan elemen penting dalam tes PISA untuk literasi, numerasi dan literasi sains. 

Melalui kemampuan berpikir komputasional ini, mata pelajaran Informatika dapat menyumbangkan cara berpikir untuk penyelesaian persoalan secara efektif, efisien dan optimal dalam berbagai bidang kehidupan yang saat ini tak dapat dipisahkan dari pemakaian komputer. 

Selain itu, mata pelajaran Informatika juga menyumbangkan keterampilan berteknologi, khususnya dalam penggunaan tools (perkakas) TIK untuk mendukung analisis dan interpretasi data, serta pemecahan persoalan. 

Artikel Menarik: Soal Penilaian Akhir Tahun Kelas 3 MDTA Tahun 2022 Beserta Kunjab


Dengan demikian, mata pelajaran Informatika juga dapat menyumbangkan kemampuan untuk
mengambil keputusan secara cepat dan adaptif, agar SDM Indonesia dapat bertahan di dunia yang VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous).

Sesuai dengan konsep Capaian Pembelajaran, buku ini disusun mengacu pada capaian pembelajaran Informatika Fase D untuk SMP, yang alur pembelajarannya disusun untuk tingkat kesulitan yang berjenjang dan bertahap pada kelas 7, 8 dan 9. 

Diharapkan, siswa SMP terampil berpikir, berkarya dan berteknologi, menjadi computationally literate, sebagai anggota masyarakat dan sekaligus warga digital yang berakhlak baik di dalam masyarakat baik di alam nyata maupun di alam digital.

Buku ini adalah buku Informatika pertama yang diterbitkan. Diharapkan buku ini dapat memberikan gambaran keserbacukupan elemen pengetahuan dan kedalaman pengetahuan yang sesuai dengan yang diharapkan perancang kurikulum. 

# Buku Siswa Informatika Kelas VII SMP

Penting kiranya bagi guru Informatika untuk membaca buku ini mengingat sebelum mata pelajaran Informatika disahkan sebagai bagian dari Capaian Pembelajaran, hanya dikenal mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), padahal TIK sesungguhnya hanya bagian dari Informatika.



Pencarian yang banyak dicari:
  • buku panduan guru
  • buku siswa
  • buku penggerak
  • buku guru informatika vii smp
  • merdeka belajar
  • pelajar pancasila
  • paradigma pendidikan
  • desain kurikulum 
  • buku siswa informatika vii smp