Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia I SD (Kurikulum Merdeka)

GARUTSELATAN.NET - Buku Panduan Guru dan Siswa Bahasa Indonesia I SD (Kurikulum Merdeka). Buku Penggerak Sekolah Dasar Kelas 1 (Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia).

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. 

Buku Paket Kurikulum 2022


Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. 

Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. 

Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Bapak dan Ibu Guru kelas satu, selamat menyambut tahun ajaran baru! Pada setiap awal tahun ajaran, guru selalu menyambut peserta didik baru. Agar peserta didik baru cepat beradaptasi dan termotivasi untuk belajar di kelas satu, guru perlu membuat suasana belajar menyenangkan. 

Buku Guru ini tidak hanya berisi penjelasan materi dan langkah-langkah pembelajaran, tetapi juga memberikan tips menata ruang kelas agar menyenangkan bagi peserta didik kelas satu. Buku ini pun membagi tips membuat media dan alat peraga untuk pembelajaran pelajaran Bahasa Indonesia kelas satu.

Materi pada buku ini mengembangkan kecakapan menyimak, membaca dan mengamati, berbicara, berdiskusi dan mempresentasikan, serta menulis awal peserta didik kelas satu. Beragam strategi literasi yang terdapat di buku ini semoga dapat memperkaya pembelajaran guru di kelas satu.

Ingatlah untuk menanamkan kebiasaan membaca melalui kegiatan yang menyenangkan. Dengan membacakan buku dan mendongengkannya setiap hari, para peserta didik akan mencintai bacaan. Tentunya, guru perlu memilihkan sumber bacaan bermutu yang sesuai dengan daya konsentrasi dan kemampuan membaca mereka.




Demikian informasi tentang Buku Paket Kurikulum Merdeka 2022, semoga bermanfaat.


Pencarian yang banyak dicari:
  • Buku Paket Kurikulum 2022
  • Buku Penggerak Sekolah Dasar
  • Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia
  • Sekolah Penggerak
  • Materi dan langkah-langkah pembelajaran
  • Tips membuat media dan alat peraga