Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hobi Curhat Bisa Dapat Penghasilan Melalui Monetisasi Blog

menghasilkan uang dari blog




Kamu hobi curhat dan menulis curhatan kamu? dimana biasanya kamu sering curhat? buku harian? sosmed? mulai dari sekarang saya sarankan curhatnya pindah deh ke blog. Karena sekarang kamu bisa dapat  income dari blog dengan tetap melakukan hobi curhat kamu. Waaah kok bisa ya? caranya gimana sih? penasaran kan? pastinya. So, baca sampai tuntas ya. Tapi sebelumnya, kenalan dulu sama blog dan apa itu bloger.

Definisi Blog dan Bloger


Blog adalah platform online atau aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web yang bersifat personal dan berisi tulisan mengenai hal tertentu yang ditulis oleh pemilik blog.

Blog dapat diakses oleh kita sebagai pemilik (admin) dan juga netizen sebagai pembaca. Blog juga termasuk salah satu platform social media, karena sifatnya yang dapat diakses oleh semua orang yang saling berinteraksi satu sama lain. Melalui interaksi membaca, berkomentar dan saling membagi link artikel.

Sementara Bloger adalah orang yang memiliki blog dan menulis di blog. Bloger biasanya berbagi menulis tentang kegiatan keseharian, sudut pandang, minat, hobi, perasaan, ide dan tips berdasarkan pengalamannya.

Karena blog merupakan situs yang bersifat personal, maka konten blog sifatnya juga sangat personal. Konten artikel yang ditulis di blog bersifat random tergantung minat bloger itu sendiri. Inilah yang saya maksud dengan curhat di blog. Bebas kan mau curhat tentang apa aja karena sifat blog yang personal itu.

Tapi blog gak hanya untuk kamu yang hobi curhat doang kok. Ada juga bloger yang menggunakan blog sebagai media penyimpanan informasi yang dibutuhkan, misalnya tentang informasi kesehatan, rangkuman pelajaran atau pengajian, jurnal perkembangan anak, review buku favorite, review film, membahas gadget yang memang dia sukai dan masih banyak lagi.

Saya Dan Perjalanan Menjadi Bloger


Saya kenal Blog sejak tahun 2012 tapi hiatus karena melahirkan dan membersamai anak lalu kembali aktif lagi tahun 2018 dengan membuat blog baru bertajuk artjoka

Pertama kali saya ngeblog karena hobi curhat tapi pengen curhat di platform yang lebih modern dan futuristik. Sejak jaman kuliah saya hobi curhat di MS Words. Karena kalau nulis pegel, hehehe. 

Di MS words kan enak tinggal ngetik aja dan bisa masukin gambar. Tapi ada kekurangannya nih curhat di MS words, cuman bisa baca tanggal terbaru dan kalau mau baca yang lama-lama, harus scroll halaman berpuluh puluh hingga ke halaman paling bontot. Kalau ada menu yang bisa di klik berdasarkan kategori atau tanggal kan enak ya, tinggal klik aja dan saya bisa baca curhatan yang entah kapan dan tentang apa, hehe.

Terus saya cari online diary di Mbah google. Tapi gak menemukan apapun kecuali blog. Hasil penemuan saya tahun 2012 di mbah google waktu itu menyatakan bahwa blog bisa disebut juga diary online. Ya sudah, saya coba dong tentunya.

Platform Blogger lah yang pertama kali saya gunakan. Setelah itu baru saya mencoba Wordpress. Tapi karena Blogger yang pertama kali saya kenal dan langsung saya ulik, saya menjadi user Blogger hingga sekarang.

ngeblog di mana sih biar bisa mulai nulis


Excited nya luar biasa waktu itu, karena akhirnya saya bisa curhat dengan platform yang keren dan ada menunya. Bukan cuman itu, diary online saya yang waktu itu bahkan bisa saya tambahkan banner dan mengubah warna tampilan. Disanalan pertemuan saya dengan edit html pertama kali. Kenalan dengan CSS dan HTML, seru banget. Seperti menemukan project baru dan ke-asyikan ngeblog emang bikin lupa daratan, hehehe.  

Pada Tahun 2013 saya mulai mencari bloger dan mulai komen di artikel mereka. Saya menemukan, si bloger ini punya banyak sekali komentar. Saya jadi penasaran, dari mana sih mereka bisa saling menemukan satu sama lain? karena kan platformnya beda dengan facebook yang bisa add friend dan menemukan teman di profil kita.

Baru pada tahun 2019 akhirnya saya tahu bahwa para bloger ini bisa saling menemukan satu sama lain karena bergabung dengan komunitas bloger. Secara kebetulan saya bertemu dengan komunitas 1m1c atau 1 minggu 1 cerita ketika berkunjung ke blognya kak Ewa Febri yaitu blog tentang seni dan ilustrasi. Waktu saya sedang mencari artikel tentang menggambar dan seni. Logo 1M1C bertengger manis di sidebar kanan blognya kak Ewa. Auto klik dan langsung gabung dong saya, hehehe.

Sejak saat itu perjalanan saya dengan bloger tidak sama lagi dengan tujuan ngeblog saya tahun 2012 silam. Yang awalnya sekedar curhat doang, beralih menjadi bloger profesional dengan melakukan monetisasi blog.

Wah, apaan sih monetisasi blog? lukisan Monet tentang blog? hehehe, bukan. Yuk ikuti penjelasan saya terkait monetisasi blog, tips dan apa yang harus dilakukan.

Monetisasi Blog Adalah


Tidak ada definisi baku mengenai apa itu monetisasi blog, tetapi dari situs dewaweb saya menemukan bahwa, Monetisasi blog adalah mendulang uang melalui blog. Monetisasi blog juga bisa dikatakan merupakan kegiatan marketing yang bisa memberikan keuntungan baik berupa uang maupun exposure ( popularitas ) dengan meningkatkan awareness blog kita.

Kamu bisa menggunakan Blogger, Wordpress, Medium, Tumblr, Joomla, Weebly dan masih banyak lagi platform penyedia blog gratis. Tetapi yang paling umum digunakan yaitu Blogger dari Google dan Wordpress.

Singkatnya monetisasi blog adalah mendapat penghasilan dari blog. Udah itu aja, hehehe. Kok bisa sih dapat uang dari blog? caranya gimana? caranya hanya satu, yaitu dengan menulis artikel di blog kita.

Selain menulis review di artikel, biasanya klien juga meminta backlink. Backlink yaitu menyematkan link yang menuju situs produk klien yang disematkan di kata kunci tertentu dalam artikel.

Wah, beneran hanya semudah itu? iya beneran. Dengan hanya Menulis saja dan kita bisa menghasilkan uang dari hasil karya tulisan kita. Lantas gimana caranya biar tulisan kita bisa memiliki daya jual dan kita mendapatkan penghasilan?

Cara Kerja Monetisasi Blog


Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa monetisasi blog juga merupakan tools marketing dengan bloger sebagai penyedia jasa dan klien sebagai pengguna jasa marketingnya. Yang diberikan oleh bloger sebagai penyedia jasa adalah tulisan yang menulis tentang apa yang dibutuhkan oleh klien. Umumnya, bolger membuat tulisan berupa ulasan mengenai produk ( review ) dan pengalaman ketika menggunakan produk.

Klien dari mana saja yang menggunakan jasa bloger? yaitu klien dari perusahaan, organisasi, komunitas hingga pemerintah yang memiliki produk yang ingin produknya di review oleh bloger.

Umumnya perusahaan - perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki :
  • Produk untuk digunakan oleh anak dan bayi
  • Produk peralatan rumah tangga
  • Produk makan dan minuman
  • Produk Kosmetik/Skincare
  • produk jasa seperti home service
  • Aplikasi
  • Gadget
  • Program yang dikeluarkan oleh perusahaan baik milik swasta maupun pemerintah
Sampai sini semoga cukup jelas ya. Jadi kamu bisa mulai curhat di blog dan mulai deh produk kesukaan kamu, gaya hidup, film sampai makanan dan destinasi liburan yang paling kamu sukai. Curhat soal gebetan? putus sama pacar? sampai berantem sama adik atau kakak kamu? bisa juga kok. Tapi ada syaratnya loh.

Curhatan Yang Seperti Apa Sih Yang Menghasilkan Uang ?


Memang hanya modal curhat dan menulis aja kok di blog dan kamu bisa menghasilkan uang dari tulisan kamu. Kamu bisa curhat apa aja, mulai dari kucing kesayangan sampai soal sepeda kamu yang hilang semalam.

Tapi, bukan curhat sembarang curhat loh yang bisa menghasilkan uang. Kalau kamu curhat soal hal yang bikin kami feel so sad terus kamu ngedumel di sana sampai ngomong sarkas apalagi menyangkut sara, ya maaf - maaf, siapa juga yang berminat terhadap karya tulis kamu dan pengen “beli” tulisan kamu.

Meski isi blog kamu 90% curhat, tulisan curhat kamu harus memenuhi beberapa syarat sehingga tulisan kamu bisa menghasilkan uang dan blog kamu layak di monetisasi. Apa aja syaratnya?
  1. Menggunakan tata bahasa yang baik, tidak membuat artikel curhatan yang mengandung unsur sara dan sarkasme
  2. Boleh menggunakan bahasa gaul dan umum dengan gaya tutur bahasa kamu ketika bicara di dunia nyata, ini jauh lebih asik kok untuk dibaca
  3. Tulisan memiliki manfaat bagi yang membacanya, seperti tips, saran, menginspirasi dan insight.
  4. Tetap jaga privasi meski curhat di blog. Yess, tetap dijaga ya. Seperti alamat 
  5. Walaupun menulis tentang hal yang bersifat pribadi, tetap perhatikan tata cara dan etika penulisan
  6. Tidak copy paste tulisan orang lain
  7. Menyertakan sumber referensi
Bicara soal curhat yang berfaedah, kamu bebas kok mau curhat apa aja di blog. Misal nih kamu curhat soal putus sama pacar. setelah berbusa-busa curhat dan ngedumel soal feeling blue kamu, kasih dong di penghujung tulisan semacam insight atau pesan dan saran buat yang lagi pacaran biar langgeng atau yang jomblo untuk nyari pasangan yang tepat. Jadi yang baca juga gak kesel sendiri tanpa ngerasa gak ada manfaatnya nih baca curhatan kami selain hujatan dan drama lebay, hehehe

Dan terkait privasi, saya yakin kalian cukup dewasa lah ya untuk bisa memilih mana yang layak di publish ke netizen dan yang tidak. Kalaupun menurut kalian ke- privasian itu layak di publish, pertimbangkan efek sampingnya setelah di publish. Pertimbagkan poin - poin berikut ini sebelum kamu publish tulisan kamu, seperti :
  • Apakah menyebabkan kamu jadi insecure? jika ya, sebaiknya jangan.
  • Ketika kamu menyebutkan nama dan peristiwa apakah kamu sudah minta izin yang bersangkutan?
  • Apakah ada manfaatnya setelah kamu curhat untuk diri kamu sendiri? seperti merasa lebih lega, ringan dan masalah kamu terpecahkan?
  • For example, saya yang menulis tentang inner child dan ghost parenting yang saya alami. Sedikit banyak akhirnya menceritakan tentang “aib” bagi sebagian orang, yaitu perceraian orangtua. Tapi bagi saya ini bukan aib, justru setelah menulis saya menemukan ketenangan, self healing dan inner child saya terselesaikan. Kalau begini, jelas manfaatnya bagi saya dan juga pembaca yang juga mengalami hal yang sama.
Sampai sini semoga kebayang ya. Yuk yang hobi curhat makin rajin curhat di blog dengan memperhatikan hal - hal diatas ya.

Blog Seperti Apa Yang Menghasilkan Uang?


Setelah membahas curhatan seperti apa yang menghasilkan uang, selanjutnya adalah blog seperti apa sih yang bisa menghasilkan uang?

Logikanya, tulisan yang baik itu juga tergantung dari performa blog itu sendiri. Simple nya, seperti ini, saya pemilik perusahaan baju anaK. Tertarik dengan blog kamu yang sering membahas tentang anak, terus curhatan kamu soal anak juga relate banget sama produk saya. Bahasa tulisan kamu enak banget dibaca dan ngalir aja. Tapi blognya kok gak rapih ya? navigasi gak jelas, font gak rapi dan ketika dibaca di handphone gak nyaman karena tulisan terlalu kecil dan gak mobile friendly lah.

Jadi seperti CV dan pengalaman kerja, Performa blog juga menjadi syarat blog yang bisa menghasilkan uang. Apa aja sih syaratnya?
  • Tampilan Blog clean dan navigasi jelas serta lengkap dengan menu kategori dan menu tentang blog kamu
  • Ranking Blog kamu lumayan. Umumnya, klien menggunakan parameter ranking Blog seperti DA, PA, SS, DR , ALEXA dan Pageview sebagai tolak ukur syarat dari klien untuk menggunakan jasa blog kamu.
  • Berapa sih standarnya? tergantung klien nya. Ada yang meminta DA minimal 10 dan DR diatas 20 tetapi ada juga yang tidak membutuhkan ranking tetapi blog kamu hanya membahas satu topik tertentu yang relevan dengan produk klien.
  • Blog dan tulisan kamu ramah SEO ( search engine optimize). Tujuan dari SEO adalah agar blog kita muncul di hasil pencarian google terutama di halaman pertama. Mengapa? karena kalau artikel kita berada di halaman pertama apalagi menempati posisi teratas di hasil pencarian browser terutama Google, artikel dan blog kita punya peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Outputnya, pageview blog kita bertambah.
Terasa berat gak sih? tujuannya kan cuman curhat doang do blog ya? kok ada rankingnya sih? hehehe. Kan namanya juga CURHAT YANG MENJUAL, jadi curhat kaya gimana sih yang layak jual sehingga klien tertarik nih dengan curhatan kamu. Jadi syarat diatas sebisa mungkin terpenuhi.

Kalau mau merasa berat menanggung beban ini, biar kita gabungkan kekuatan saja lewat tips dari saya selanjutnya, yaitu tips mencari peluang penghasilan dari blog dengan monetisasi.

Tips Tahapan Monetisasi Blog


Tahapannya apa aja sih biar kita bisa dapat klien dan blog kita punya ranking yang bagus dan sehat? yuk simak tips tipis tipis dari pengalaman saya.

1. Perbaiki tampilan blog

Caranya? coba ulik deh blog kamu terutama terkait warna dan web design. Kalau kamu nge-blank soal  ini, kamu bisa beli template yang premium atau gunakan free template yang looks like premium. Kamu bisa mendapat free template ini di situs Gooyaabi, xposed themes, btemplates, freshdesignweb, copyblogger themes dan masih banyak lagi. Kamu bisa Googling menggunakan kata kunci free blogger template.

2. Jadikan Blog kamu ber-domain

Kamu bisa membeli domain atau hosting+domain di banyak jasa penjualnya. Seperti Niagahoster, Dewaweb, Sahabat Hosting , Hostinger, Rumahweb , Exabytes,IDwebhost dan masih banyak lagi.

3. Upgrade skill menulis 

Kamu harus upgrade skill kamu terkait blogging terutama kepenulisan, Personal Brand, digital marketing, SEO dan lainnya. Bisa lewat webinar dan zoombinar yang free ( banyak kok tersedia di instagram, coba search aja )

4. Bergabung dengan Komunitas Blog

Untuk mendukung monetisasi blog kamu, bergabung dengan komunitas merupakan hal yang sifatnya wajib. Karena banyak peluang pekerjaan untuk bloger yang datang dari komunitas. Bukan hanya soal tawaran pekerjaan, tapi juga pelatihan untuk bloger. Dan ini penting sekali. Seperti belajar SEO, teknik menulis, tips marketing dan support lain yang dapat meningkatkan performa blog dan juga skill bloger itu sendiri.

Kamu bisa mencoba apply untuk bergabung ke Komunitas bloger berikut ini :
  • 1minggu1cerita
  • ISB ( Indonesian Social Bloggerpreneur)
  • Bloggerhub
  • BRT ( Blogger Ruang Tunggu)
  • IIDN
  • KEB
  • BloggerPerempuan
  • Bloggercrony
  • dan masih banyak lagi, coba search deh komunitas blog di Facebook
Tapi, fungsi komunitas lebih dari sekadar informasi peluang pekerjaan untuk bloger kok. Tapi juga supporting system yang mendukung kegiatan blogging kamu. Selain itu juga mendapat teman blogger dan circle pertemanan positif yang baru.

5. Apply blog kamu di marketplace influencer dan blogger. 

Marketplace ini biasanya menyediakan klien yang membutuhkan jasa bloger untuk review produk mereka. Kamu bisa apply di :
  • Sosiago
  • Vira.id
  • Rajabacklink
  • MediaBacklink
  • Intellifluence
  • Glints
  • HIIP
  • Allstars
  • Sribulancer
  • LEMON
  • Sociabuzz
  • problogger

Terus Menulis Meski Job Bloger Sepi


Seperti halnya jualan di dunia nyata, maka dunia blogging juga punya masa sepi job juga pasti ada aja. Meski demikian bukan berarti no job no writing ya. Menulis tetep dong, manfaatnya banyak banget kan apalagi buat kita- kita yang hobi curhat. Self healing udah pasti tuh, hehehe. Selain sebagai media self healing, ngeblog secara rutin juga bisa menjaga performa blog kamu tetap sehat dan update.

Jadi, buat kamu yang hobi curhat, siapa bilang curhat itu unfaedah ya. Buktinya curhat di blog bisa menghasilkan uang dengan monetisasi blog. Kalau kamu akhirnya nyebur di dunia blogging, jangan lupa untuk terus upgrade skill dan konsisten ya. Karena konsisten lah yang bisa menghasilkan pendapatan. 

Agar kamu konsisten maka WHY -nya kamu ngeblog harus kuat loh. Yup! alasan paling krucial kenapa kamu ngeblog. Dengan begitu tiap kamu mengalami down saat menjadi bloger bisa cepet back on track lagi. 

Referensi :
wikipedia
merdeka.com
hot.liputan6