Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Penutup Pidato

Contoh Kalimat Penutup Pidato  - Biasanya sebelum pidato akan berakhir oprator menyampaikan kalimat penutup dengan nada menurun dan sedikit penekanan pada kalimatnya.
Hal ini guna memberikan kesan ketegasan pada pendengar dan memberikan kesan yang mendalam kepada para pendengar pidato.

Contoh Kalimat Penutup Pidato  




Selain itu, kalimat penutup harus disampaikan dengan baik dan lebih menyenangkan agar dapat meninggalkan kesan menarik. Hal ini akan memengaruhi isi pesan pidato yang disampaikan.

Terlepas dari itu, kalimat penutup pidato merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pidato itu sendiri, meski letaknya di akhir.

Umumnya kalimat penutup pada bagian pidato terdapat ucapan permohonan maaf dan terima kasih.



Contoh-Contoh Kalimat Penutup Pidato


1. "Sebuah tutur kata kadang ada sebuah kesalahan, dan itu saya sadari sebagai manusia yang penuh dosa, adapun hal-hal yang baik tak lain datang dari Tuhan YME, dengan demikian saya mohon maaf dan untuk penutup kalimat pidato ini saya ucapkan Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh."


2. "Dari banyak kata yang telah terucap dan dari banyak hal yang telah kita simak bersama-sama, semoga apa yang telah saya sampaikan kiranya menjadi bermanfaat bagi kita sekalian. Untuk penutup kata dari pidato sambutan saya ini saya ucapkan terima kasih dan Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


3. "Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan dihati para hadirin, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, kebaikan datang dari Allah Swt. dan dan kesalahan datang dari saya selaku manusia biasa yang tidak luput dari lupa, salah, dan dosa, demikian kiranya dan akhir kata saya haturkan terima kasih. Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


4. "Banyak hal yang tidak berguna, dan banyak juga pembicaraan yang sama sekali tidak dapat kita jadikan sebuah inti dari perbuatan kita, dalam pidato saya yang sudah saya sampaikan kiranya, saya sebagai pembicara semoga apa-apa yang saya sampaikan untuk kita semua khususnya untuk diri saya pribadi, semoga mengandung hikmah, dan bermanfaat. Amin yaa robbal alamiin. Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


5. "Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada salah kata yang terucap, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Akhir kata, saya ucapkan Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."



Contoh-Contoh Kalimat Penutup Pidato


6. "Sekian pidato dari saya, terima kasih atas perhatiannya serta waktu yang diberikan kepada saya untuk menyaampaikan sambutan di podium, jika ada kata-kata yang kurang berkenan didengar dan menyinggung satu di antara pihak, saya ucapkan mohon maaf. Penutup kata, saya sampaikan Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


7. "Tidak ada hal yang indah selain doa dan tidak ada awalan selain akhiran, untuk itu saya mengakiri sambutan saya ini kepada Anda yang berkenan mendengarkan pidato saya, semoga bermanfaat. Terima kasih banyak atas perhatiannya, Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


8. Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan. Sebagai manusia tentu saya banyak kekurangan. Maka itu, kepada hadirin saya minta maaf dan kepada Tuhan YME saya mohon ampun. Akhir kata, Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


9. "Demikian pidato saya, semoga apa yang saya sampaikan tadi bermanfaat bagi hadirin."


10. "Demikian yang ingin saya sampaikan, terima kasih kepada hadirin yang datang. Tanpa hadirin, saya hanya akan berbicara sendiri sebagai individu bukan manusia. Keberadaan hadirin sangatlah berarti."


Contoh-Contoh Kalimat Penutup Pidato


11. Itulah beberapa hal yang hendak saya sampaikan, tentu di dalamnya belumlah sempurna sehingga saya ingin meminta maaf bila ada ucapan yang tidak berkenan. Terima kasih, Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


12. "Semoga apa yang sampaikan ada manfaatnya. Besar harapan saya, saudara semua dapat menerapkan protokol kesehatan supaya terhindar dari virus corona. Sekian, selamat siang."


13. "Demikian yang bisa saya sampaikan, mari kita tutup dengan doa, "Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar", Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


14. "Oleh karena itu, sebaiknya kita bersama-sama saling menjaga satu sama lain agar lingkungan tetap tertib dan aman. Sekian, Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."


15. "Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan di hati, terima kasih atas perhatian seluruh warga sekolah yang baik budi. Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh."