Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Kapal

Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Kapal | Indonesia merupakan negara kepulauan dengan hampir 67% adalah lautan,sehingga teknik kontruksi kapal menjadi hal yang vital bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Teknik Konstruksi Kapal adalah kegiatan pekerjaan konstruksi dan perawatan bangunan/badan kapal yang dimulai dari perencana, pelaksana dan pengawas serta evaluasi kegiatan konstruksi bangunan kapal, khususnya konstruksi bangunan kapal yang terbuat dari baja misalnya: kapal barang, kapal penumpang, kapal tangki, kapal tunda dan lainnya.

Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Kapal

    A. Rasional Teknik Konstruksi Kapal

    Teknik Konstruksi Kapal adalah kegiatan pekerjaan konstruksi dan perawatan bangunan/badan kapal yang dimulai dari perencana, pelaksana dan pengawas serta evaluasi kegiatan konstruksi bangunan kapal, khususnya konstruksi bangunan kapal yang terbuat dari baja misalnya: kapal barang, kapal penumpang, kapal tangki, kapal tunda dan lainnya. 

    Teknik konstruksi kapal memiliki peran/andil yang sangat besar bagi dunia tranportasi di air khususnya Indonesia yang wilayahnya hampir 67% adalah lautan.

    Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Kapal merupakan mata pelajaran yang berisikan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki peserta didik pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk mendasari mata pelajaran pada fase F.

    Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Kapal harus dikuasai dan menjadi milik setiap peserta didik. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. 

    Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran diantaranya :
    • berbasis projek sederhana (project-based learning), 
    • discovery learning, 
    • pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau 
    • inquiry learning, 
    Denganmenekankan proses pembelajaran melakukan pekerjaan (learning by doing), serta metode antara lain seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, 
    peragaan atau demonstrasi yang dipilih berdasarkan karakteristik materi. 

    Dan untuk memperjelas tahapan dan langkah dari model pembelajaran diatas silahkan kunjungi 5 Sintaks Model Pembelajaran.

    Penilaian meliputi aspek pengetahuan melalui tes dan non-tes, sikap melalui observasi, catatan kejadian menonjol (anecdotal record), penilaian antar-teman, dan penilaian diri serta keterampilan melalui penilaian proses, produk, portofolio dan studi kasus.

    Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Kapal dapat dilakukan secara sistem blok disesuaikan dengan karakteristik elemen materi yang dipelajari.

    Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Kapal membekali peserta didik mampu membaca dan menerapkan gambar konstruksi kapal sesuai spesifikasinya, menerapkan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH), serta beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 
    bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan.

    Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Kapal

    B. Tujuan Teknik Konstruksi Kapal

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Kapal bertujuan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis secara menyeluruh bidang manufaktur dan rekayasa konstruksi kapal;
    2. memahami perkembangan teknologi di dunia kerja dan isu-isu global terkait dunia industri manufaktur dan rekayasa konstruksi kapal;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang manufaktur dan rekayasa konstruksi kapal;
    4. memahami teknik dasar proses produksi pada industri manufaktur dan rekayasa konstruksi kapal;
    5. menerapkan K3LH di tempat kerja;
    6. menggambar konstruksi kapal;
    7. menerapkan informasi dalam gambar dan spesifikasi; dan
    8. memahami penerapan industri 4.0 pada lingkup Teknik Konstruksi Kapal.

    Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Kapal

    C. Karakteristik Teknik Konstruksi Kapal

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Kapal fokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga teknisi dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja. 

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Selengkapnya elemen dan deskripsi serta capaian pembelajaran silahkan cek dibawah :

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Kapal

    Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Selain itu, pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu membaca, menginterpretasi, menerapkan gambar teknik dan membuat gambar Basic Design atau komponen konstruksi kapal.

     

    Demikian Capaian Pembelajaran Teknik Kontruksi Kapal yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.