Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan

Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan | Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan merupakan mata pelajaran yang mempelajari dasar-dasar tentang bumi sebagai objek kajian dan ilmu pertambangan serta membekali lulusan dengan kompetensi-kompetensi pada bidang geologi pertambangan antara lain pemboran, peledakan, pemetaan topografi dan pemetaan geologi.

Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan | Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan merupakan mata pelajaran yang mempelajari dasar-dasar tentang bumi sebagai objek kajian dan ilmu pertambangan serta membekali lulusan dengan kompetensi-kompetensi pada bidang geologi pertambangan antara lain pemboran, peledakan, pemetaan topografi dan pemetaan geologi.

Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan

    A. Rasional Teknik Geologi Pertambangan

    Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan adalah mata pelajaran kelas X jenjang SMK/MAK pada program keahlian Teknik Geologi Pertambangan yang berisi dasar-dasar kompetensi berupa aplikasi dari ilmu geologi yang berfungsi untuk mendukung operasi pada industri pertambangan. 

    Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan merupakan mata pelajaran yang mempelajari dasar-dasar tentang bumi sebagai objek kajian dan ilmu pertambangan sebagai ilmu terapannya dalam memanfaatkan potensi-potensi geologi tersebut dengan mengutamakan aspek-aspek keselamatan kerja maupun
    lingkungan hidup serta ditunjang dengan gambar teknik. 

    Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan juga sebagai mata pelajaran fondasi dalam mempelajari kompetensi-kompetensi pada tingkat selanjutnya, serta membekali lulusan dengan kompetensi-kompetensi pada bidang geologi pertambangan antara lain pemboran, peledakan, pemetaan topografi dan pemetaan geologi.

    Dengan memahami Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan di kelas X, peserta didik akan lebih mudah memahami dan menguasai kompetensi-kompetensi yang lebih khusus di kelas XI dan XII, baik dari aspek geologi (eksplorasi) maupun pertambangan (eksploitasi).

    Dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta baik di kelas maupun di lapangan, membuka wawasan, membangun konsep, dan menerima nilai-nilai baru secara mandiri serta mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dalam suatu tim.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain ;
    • project-based learning, 
    • teaching factory, 
    • discovery learning, 
    • problem-based learning,
    • inquiry learning, 
    • atau model lainnya serta metode yang relevan.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan diharapkan mampu memberikan wawasan peserta didik tentang teknik geologi pertambangan, tetapi juga memiliki karakter kuat, berintegritas, tangguh, kreatif, bernalar kritis, mandiri, bergotong royong, dan adaptif.

    Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan

    B. Tujuan Teknik Geologi Pertambangan

    Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Geologi Pertambangan bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami tahapan kegiatan/aktivitas pertambangan secara menyeluruh;
    2. memahami perkembangan teknologi pada industri pertambangan dan isu-isu global terkait dalam bidang geologi pertambangan;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang geologi pertambangan;
    4. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri (5R);
    5. memahami standarisasi dalam pembuatan dan membaca gambar menurut proyeksinya;
    6. memahami dasar-dasar geologi, pengertian dan ruang lingkup ilmu geologi; dan
    7. memahami teknik dasar penambangan sesuai dengan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH).

    Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan

    C. Karakteristik Teknik Geologi Pertambangan

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh teknis pertambangan, teknisi material dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profile- entrepreneur, job-profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geologi Pertambangan terdiri
    atas elemen-elemen. selengkapnya beserta deskripsinya bisa anda cek di bagaian bawah, bersama capaian pembelajaran.

    Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Geologi Pertambangan

    Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK) peserta didik akan mendapatkan gambaran yang tepat mengenai program keahlian yang dipilihnya melalui penguatan Wawasan Dunia Kerja dan Kewirausahaan serta penguasaan elemen-elemen pembelajaran lainnya, sehingga dapat menumbuhkan renjana (passion) dan visi (vision) yang dapat memotivasi dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas belajar pada fase ini maupun fase berikutnya.

    Capaian Pembelajaran pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar- Dasar Teknik Geologi Pertambangan dapat diuraikan sebagai berikut ;


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-DasarTeknik Geologi Pertambangan yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.