Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Rapat Teleconference Teknologi Perkantoran

Unduh Materi Rapat Teleconference Teknologi Perkantoran Kelas 10 Semester Genap - Teleconference dapat diartikan sebuah pertemuan untuk komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih menggunakan sistem telekomunikasi bisa berupa suara saja (Audio Conference) atau bisa juga menggunakan sistem video dan audio (Video Conference) yang memungkinkan peserta konference saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan sebagaimana pertemuan biasa.


Kegunaan/Manfaat Teleconference

Kegunaan teleconference sendiri dalam kehidupan sehari-hari ada banyak. Di zaman yang serba canggih ini dimana jarak bukan lagi suatu halangan, teknologi teleconference menjadi salah satu hal yang bisa mendekatkan kita dengan orang lain yang berada di jarak yang jauh. Dengan teleconference kita bisa berkomunikasi dengan sanak saudara yang berada di tempat-tempat berbeda, melakukan pertemuan tanpa harus datang ke satu tempat yang sama. Ini bisa menghemat waktu dan pengeluaran atau biaya perjalanan.

Adapun manfaat teleconference bagi sebagian orang seperti guru, pelajar dan perusahaan :
• Bagi seorang guru, teleconference ini mungkin sangat membantu terutama dalam kegiatan pembelajaran. Misal ketika seorang guru tidak bisa mengisi pelajaran di kelas karena suatu hal, maka dapat menggunakan media teleconferensi ini. Selain bermanfaat sebagai kegiatan mengajar mungkin juga bisa berguna untuk menghadiri kegiatan rapat.
• Bagi seorang murid juga sangat bermanfaat untuk kegiatan dalam belajar. Pelajar dapat menggunakan teleconferense untuk kegiatan kerja kelompok atau bisa juga dalam kegiatan bimbel.
• Bagi suatu perusahaan, teleconferense ini sangat berguna untuk melakukan kegiatan rapat dengan perusahaan lain yang berjauhan ketika tidak bisa menghadiri rapat tersebut. Jadi kegiatan rapat itu pun masih bisa berjalan dengan lancar dan efisien.

Tujuan Teleconference

Teleconference betujuan untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain. Dengan adanya teleconference ini kita bisa sepuasnya dalam menyampaikan berbagai informasi, bercakap-cakap mengenai suatu hal penting dengan melalui video atau audio. Sehingga kita lebih bisa menghemat waktu dan biaya untuk bertemu langsung.

Keunggulan dan Kelemahan Teleconference

Keunggulan :
• Meningkatkan produktivitas karena kemampuan VTC untuk berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah Menghemat waktu dan biaya pertemuan
• Memudahkan dalam bekomunikasi jarak jauh Mudah dalam pengaplikasiannya
Kelemahan :
• Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai cukup dana
• Alat-alat yang diperlukan sulit untuk didapat
• Penginstalan susah, maka harus ekstra hati-hati agar tidak salah

Perangkat Dalam Kegiatan Teleconference 

Untuk melakukan teleconference di komputer, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Beberapa peralatan teleconference ini antara lain :
• Device atau Perangkat. Tentu saja sangat dibutuhkan, misalnya: tablet, smartphone atau yang umum dan nyaman digunakan adalah komputer.
• Perangkat lunak (software). Ada banyak perangkat lunak yang bisa digunakan. Di laptop atau komputer, yang paling populer digunakan adalah Skype. Skype versi mobile juga umum digunakan di smartphone dan tablet. Selain Skype, ada WhatsApp (untuk ponsel) dan VMEET (untuk komputer) Koneksi Internet. Koneksi internet ini bisa didapatkan baik dari LAN, modem dan Wi-Fi atau Hotspot. Jika anda menggunakan ponsel, maka anda bisa memanfaatkan data seluler atau Wi-Fi/hotspot.
• Peralatan pendukung audio. Untuk laptop, smartphone dan tablet biasanya sudah menyediakan sarana audio/suara, baik speaker maupun mikrofon. Namun berbeda dengan PC desktop yang harus membutuhkan speaker eksternal. Speaker eksternal ini penting agar kita bisa mendengar suara orang lain yang ada dalam teleconference. Sementara mikrofon gunanya agar suara kita bisa di dengar orang lain yang jadi lawan bicara kita.
• Peralatan pendukung video. Selain membutuhkan peralatan pendukung Audio, kita juga memerlukan peralatan endukung Video. Jika anda menggunakan komputer PC, anda memerlukan webcam. Namun jika menggunakan laptop, tablet atau smartphone, anda tidak membutuhkannya. Karena sudah dilengkapi dengan kamera.

Jenis - Jenis Teleconference

a. Audio Conference
Audio Conference adalah pertukaran informasi hanya melalui suara dengan medium panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon dalam waktu bersamaan. Audio Conference mempunyai kelebihan yaitu biaya yang relatif lebih murah. Ada juga kelemahan audio conference adalah hilangnya koneksi personal dalam bisnis ketika hanya suara kolega yang bisa terdengar. Kelemahan lain yakni kualitas panggilan menjadi menurun saat pihak dari lokasi lain ditambahkan ke dalam percakapan telepon tersebut.

b. Video Conference
Video conference adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda, dimana seolah olah mereka berada di ruangan yang sama menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi Audio dan Video. Setiap pengguna dapat melihat dan mendengar satu sama lain secara real time, dan memungkinkan percakapan secara alami. Video conference adalah suatu bentuk komunikasi yang sangat berguna karena menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi orang-orang. Selain transmisi audio dan video antara orang-orang, video conference juga dapat berbagi dokumen.

c. Web Conference
Conference call kini bisa digunakan tergabung dengan web conference sebagai pelengkap, dimana presentasi atau dokumen dapat dibagi dan disebarluaskan melalui internet. Penggabungan ini memungkinkan penelepon yang terhubung dalam satu panggilan secara bersamaan dapat melihat isi dari dokumen tersebut. Keuntungan utama dari web conference adalah presenter dokumen dapat memberikan penjelasan mendetail mengenai suatu dokumen, sementara peserta web conference lain dapat secara serempak melihat dokumen presentasi tersebut. Hanya saja, web conference memiliki kelemahan, yakni sulit untuk menilai keseriusan atau humor seseorang dalam bentuk komentar yang diketik, juga tak ada kepribadian yang tergambar dalamnya.

Langkah - Langkah Menyelenggarakan Teleconference

a. Siapkan perangkat seperti PC, Headset, Webcam, san perangkat lunak (skype, WhatsApp, VMEET,dll) sesuai sistem oprasinya. Pastikan Webcam dan headset kompatibel dengan PC.
b. Siapkan Account di softwere yang anda gunakan, atau buat account baru.
c. Tentukan lawan teleconference anda, tentunya dengan sesama perangkat lunak.
d. Lakukan setting dan kofigurasi aplikasi anda perhatikan menu mana yang harus diperhatikan.
e. Jika sudah terhubung anda bisa melakukan komuniksi dengan lawan bicara anda.

Hambatan Dalam Teleconference

Teleconference adalah suatu program yang memungkinkan kita untuk membuuhkan koneksi jaringan seperti paket data, WiFi/Hotspot. Dalam hal ini pastinya ada kendala yang akan terjadi seperti buruknya jaringan karena faktor cuaca sehingga akan berpengaruh pada kegiatan teleconference menjadi lemot atau bisa juga sambungan menjadi terputus. Adapun kendala lain yang bisa terjadi dalam kegiatan teleconference ini misalnya perangkat yang dibutuhkan tidak mencukupi atau kurang terkondisikan sehingga bisa mengakibatkan komunikasi menjadi tidak lancar.

Dampak Positif dan Negatif dari Teleconference

Dampak Positif :
• Memudahkan dalam komunikasi jarak jauh
• Menghemat biaya dan waktu
• Tidak perlu keluar untuk bertemu dan berbicara langsung 
Dampak Negatif :
• Jadi lebih meremehkan suatu pertemuan penting
• Malas untuk keluar padahal dalam waktu luang
• Kurangnya interaksi secara lansung dalam bersosialisasi


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Materi Rapat Teleconference Teknologi Perkantoran, silahkan klik link berikut ini  : 

Demikian informasi tentang Materi Rapat Teleconference Teknologi Perkantoran yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.