Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pemasaran Media Sosial dan Beberapa Platformnya Yang Perlu Anda Ketahui


Sahabat Tredpasar kali ini kita mencoba untuk membahas tentang Pemasaran media sosial 

Pengertian Pemasaran Media Sosial

Pemasaran Media Sosial adalah proses membuat konten untuk platform media sosial untuk mempromosikan produk dan/atau layanan Anda, membangun komunitas dengan audiens target Anda, dan mengarahkan jaringan ke bisnis Anda. Dengan fitur dan platform baru yang muncul setiap hari, pemasaran media sosial saat ini terus berkembang.

Pemasaran media sosial adalah tentang memenuhi target audiens dan pelanggan Anda di mana mereka berada dan saat mereka berinteraksi secara sosial satu sama lain dan merek Anda.

Meskipun pemasaran media sosial secara keseluruhan sangat berharga dan bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda (seperti yang akan Anda lihat di bagian berikut), strategi Anda akan berbeda berdasarkan jaringan sosial mana audiens Anda menghabiskan waktu mereka.

Sebelum kita menggali lebih dalam pemasaran media sosial, mari kita segmentasikan strategi berdasarkan platform.

Berikut beberapa Platform Pemasaran Media Sosial yang perlu anda ketahui

1. Facebook

Pengguna: 1,9 miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia

Audiens: Penyebaran Generasi X dan Milenial yang merata

Dampak industri: B2C

Terbaik untuk: Kesadaran merek; iklan

Facebook adalah platform media sosial terbesar dan paling mapan. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, ini telah menjadi alat yang sangat berharga untuk bisnis B2C, menawarkan alat periklanan canggih serta peluang organik.

2. TIK tok

Pengguna: 1 miliar pengguna global bulanan aktif

Audiens: Terutama Gen Z diikuti oleh Milenial

Dampak industri: B2B dan B2C

Terbaik untuk: Konten video kreatif berbentuk pendek; konten yang dibuat pengguna; kesadaran merek

Ketika Anda memikirkan video pendek, Anda mungkin memikirkan TikTok. Platform ini naik popularitasnya pada tahun 2020 dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Ini adalah salah satu platform terbaik untuk membangun komunitas, dengan peringkat pemasar di tempat kedua di belakang YouTube.

3. Instagram

Pengguna: 1 miliar pengguna aktif bulanan

Audiens: Terutama Milenial

Dampak industri: B2C

Terbaik untuk: Gambar dan video berkualitas tinggi; konten yang dibuat pengguna; iklan

Meskipun Instagram diluncurkan hanya 12 tahun yang lalu, platform tersebut telah mengejutkan dunia. Dalam hal berbagi konten yang menarik secara visual, Instagram adalah tujuan merek. Hal lain yang membedakan platform ini adalah alat e-niaga canggihnya.

Saat ini, pengguna dapat menemukan merek, menelusuri produk dan/atau layanan mereka, dan menyelesaikan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi – menjadikan Instagram sebagai platform yang sulit dikalahkan.

Indonesia

Pengguna: 211 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia

Audiens: Terutama Milenial

Dampak industri: B2B dan B2C

Terbaik untuk: Hubungan masyarakat; pelayanan pelanggan; bangunan komunitas

Sementara Instagram berfokus pada visual, Twitter berfokus pada kata-kata. Sejak awal Tweet 140 karakter, platform kini telah diperluas untuk menyertakan alat audio yang disebut Twitter Spaces, alat pembangunan komunitas yang disebut Komunitas Twitter, dan Momen Twitter untuk berbagi konten menarik dengan pengikut Anda.

4. LinkedIn

Pengguna: 774 juta pengguna aktif di seluruh dunia

Audiens: Baby boomer, Generasi X, dan Milenial

Dampak industri: B2B

Terbaik untuk: hubungan B2B, pengembangan bisnis, dan penjualan sosial

LinkedIn adalah sepupu profesional Facebook. Ini mungkin satu-satunya platform di mana audiensnya didefinisikan dengan jelas: Profesional yang bekerja mencari jaringan dan mencari peluang baru.

Itu menjadikannya platform yang ideal bagi perusahaan B2B yang ingin mengidentifikasi pembuat keputusan utama dan membangun komunitas khusus industri.

5. Youtube

Pengguna: Lebih dari 315 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia

Audiens: Terutama Milenial tetapi memiliki audiens yang kuat di seluruh demografi gender dan usia

Dampak industri: B2C dan B2B

Terbaik untuk: Kesadaran merek; hiburan berdurasi panjang, dan video petunjuk

Menurut HootSuite, YouTube adalah situs web kedua yang paling banyak dikunjungi di dunia. Selain itu, pemasar menyebutnya sebagai platform terbaik untuk membangun komunitas.

Selain menjadi platform yang sangat populer, penggunanya juga cenderung bertahan lebih lama karena sebagian besar menampilkan konten berdurasi panjang – menjadikannya platform yang ideal untuk berbagi konten pendidikan.

6. Snapchat

Pengguna: 306 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia

Audiens: Terutama Generasi Z

Dampak industri: B2C

Terbaik untuk: Kesadaran merek; iklan

Ketika Snapchat keluar pada tahun 2011, memimpin muatan dalam konten fana. Itu memperkenalkan konten yang dapat Anda bagikan dengan teman-teman Anda dan itu akan kedaluwarsa setelah 24 jam.

Platform ini mencapai puncaknya pada tahun 2015 dan telah bertahan sejak saat itu. Banyak yang mengira merek tersebut akan hilang begitu Instagram memperkenalkan Stories, fitur yang sama dengan nama yang berbeda. Namun, Snapchat terus menjadi populer di kalangan orang dewasa muda.

7. Pinterest

Pengguna: 444 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia

Audiens: Terutama Milenial dengan audiens yang solid di Gen Z, Gen X, dan Baby Boomers

Dampak industri: B2C

Terbaik untuk: Iklan visual; inspirasi

Pikirkan Pinterest seperti papan cerita visual yang memungkinkan pengguna mendapatkan inspirasi untuk segala hal mulai dari mode hingga dekorasi rumah.

85% dari Pinners mengatakan Pinterest adalah tempat mereka pergi untuk memulai proyek baru. Selain itu, 80% Pengepin mingguan mengatakan bahwa mereka telah menemukan merek atau produk baru di platform. Jadi, ini bukan hanya alat penemuan yang hebat, tetapi juga cara bagi merek untuk membangun narasi mereka melalui cerita visual.

8. Clubhouse

Pengguna: 10 juta pengguna aktif mingguan di seluruh dunia

Audiens: Terutama Milenial

Dampak industri: B2B dan B2C

Terbaik untuk: Iklan visual; inspirasi

Clubhouse membuat kesan yang kuat segera setelah memasuki dunia media sosial pada tahun 2020. Platform audio saja memungkinkan orang untuk memulai percakapan yang menarik dengan pengikut serta orang asing dan membangun komunitas.

Platform ini juga mendapatkan beberapa buzz karena pengaturannya yang hanya untuk undangan ketika dalam pengujian beta. Saat ini, platform ini terbuka untuk semua orang secara global dan di perangkat iOS dan Android. Nilai jual besar lainnya untuk platform ini adalah ia bekerja dengan baik untuk bisnis B2B dan B2C dan memanfaatkan audio, yang telah membuat comeback besar dalam beberapa tahun terakhir.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pemasaran Media Sosial dan Beberapa Platformnya Yang Perlu Anda Ketahui"