Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022, Semua Mata Pelajaran SMA Terbaru

Penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah terdiri: penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar peserta didik meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian tersebut berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, hasil belajar, mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik berkesinambungan, mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik, memperbaiki proses pembelajaran, dan menyusun laporan kemajuan hasil belajar baik harian, semester, dan/atau kenaikan kelas.

Kisi-kisi Ujian Sekolah SMA 2022,
Mata Pelajaran SMA. Foto: Pixabay

Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 bahwa instrumen penilaian harus memenuhi persyaratan yang meliputi substansi yang merepresentasikan kompetensi yang dinilai, konstruksi yang memenuhi persyaratan teknis yang sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan, dan penggunaan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai tingkat perkembangan peserta didik. 

Dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dijelaskan bahwa instrumen penilaian digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk penilaian akhir dan/atau ujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa, serta memiliki bukti validitas empirik. Persyaratan ini berlaku baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah misalnya untuk semua mata pelajaran sma atau sederajat.

Teknik penilaian tes terdiri dari tes tulis, tes lisan, dan tes praktik. Penilaian teknik tes tulsi dapat berupa soal obyektif, soal isian, dan soal uraian/terbuka. Penilaian teknik tes lisan menggunakan daftar pertanyaan lisan.

Pendidik menilai kompetensi pengetahuan dapat menggunakan instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian, yang dilengkapi dengan pedoman penskoran, serta seperti kisi-kisi ujian sekolah sma 2022.

Secara prosedur penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dengan  menetapkan KKM, menyusun kisi-kisi ujian sekolah sma 2022 semua mata pelajaran sma, menyusun instrumen penilaian dan pedoman penskorannya, melakukan analisis kualitas instrumen, melakukan penilaian, mengolah hasil penilaian, melaporkan dan memanfaatkan laporan hasil penilaian.

Berikut ini beberapa referensi yang bisa dimanfaatkan terkait kisi-kisi ujian sekolah sma 2022, semua mata pelajaran sma terbaru, dengan mengunduh link yang tersedia.

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Bahasa Indonesia

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Matematika

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Bahasa Inggris

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMk 2022 IPA

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Fisika

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Kimia

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022 PPKN

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Pendidikan Agama Islam

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA/SMK 2022 Sejarah Indonesia

Kisi-Kisi Ujian Sekolah SMA 2022 PJOK

Demikian beberapa kisi-kisi ujian sekolah sma 2022, semua mata pelajaran sma terbaru. Semoga bermanfaat.