Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memahami dan Menginterpretasi Iklan dengan Mudah dan Benar || Materi Iklan Kelas XII Mapel Bahasa Indonesia

Banyak di antara kita yang sering membaca iklan, tetapi tidak mencermati penggunaan bahasanya. Bahkan ada yang terkecoh dengan penggunaan kalimat pada iklan yang sangat meyakinkan kamu untuk membeli atau menggunakan produk. Lantas, bagaimanakah iklan yang proporsional itu? Bagaimanakah iklan yang bagus dan efektif?

Berikut materi yang dapat kamu pelajari untuk memahami isi iklan yakni dengan cara menganalisis iklan.

Analisis iklan dapat dilakukan dengan menggunakan 2 kriteria, yakni:

1.  Struktur Isi.

Menurut Bolen (1984), struktur isi iklan terdiri dari

Butir Utama (headline)

Headline adalah bagian terpenting dari sebuah iklan yang berfungsi sebagai penarik perhatian khalayak. Letaknya tidak selalu pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Ditulis dengan ukuran lebih besar, dengan kata-kata yang singkat, persuasif, artistik, dan komunikatif. Headline berfungsi menerangkan produk dan merek, yang disertai gambar yang menarik perhatian khalayak.

Badan (body copy)

Pesan yang hendak disampaikan diuraikan dengan baik pada bagian ini, sekaligus sebagai penjelas dari headline. Bahasa yang digunakan harus menarik, persuasif, mudah dipahami, dan tidak membosankan pembaca.

Penutup (close)

Bagian ini berisi informasi-informasi lain yang berhubungan dengan topik yang diiklankan, Biasanya berisi nomor telepon, cap dagang, dam tempat pelayanan yang bersifat tambahan informasi penting.


2.  Struktur Bahasa

Menurut Stan Rapp dan  Tom Collins (1995), Struktur bahasa iklan berupa struktur kata yang memiliki fungsi sebagai berikut.

  • penggugah, yaitu kata-kata yang digunakan harus dapat menggugah masyarakat agar dapat membaca iklan secara keseluruhan.
  • informatif, artinya kata-kata yang digunakan harus jelas, komunikatif, dan tidak berbelit-belit.
  • persuasif, yakni berupa rangkaian kalimat yang membuat konsumen tertarik dan penasaran.