Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hardiknas 2021 : " Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar"

Hardiknas 2021 : " Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar"

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, Guruataya.com. Setiap tanggal 2 Mei, tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Kita sebagai guru tentunya sudah hapal benar akan sejarah singkat hari pendidikan nasional kenapa diambil tanggal 2 Mei tiap tahunnya. Tanggal 2 Mei diambil dan ditetapkan sebagai hari Pendidikan nasional tak lepas dari sosok tokoh pendidikan nasional yaitu Kihajar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Sedikit bercerita tentang sosok Kihajar Dewantara didapat Guru Ataya ketika pernah menjadi siswa Perguruan Tamansiswa Cibadak yang pernah mengeyam pendidikan di di Taman Muda (SD) dan Taman Dewasa (SMP). Ki Hajar Dewantara adalah  Sosok tokoh asal Yogyakarta ini meninggalkan begitu banyak warisan bagi dunia pendidikan nasional. Salah satu yang terkenal adalah semboyannya yang berbunyi: "Ing Ngarsa Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani", yang artinya "Di depan (guru) harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan). 


Semboyan tersebut hingga saat ini masih digunakan dalam sistem pendidikan di Tanah Air, misalnya "Tut Wuri Handayani" yang dituliskan di dalam logo Kemendikbud. Tidak hanya semboyan, Ki Hajar Dewantara di sepanjang hidupnya juga telah memperjuangkan hak belajar kaum Pribumi di masa penjajahan Belanda dengan mendirikan lembaga Taman Siswa di Yogyakarta. Di sana, masyarakat yang semula kesulitan mengakses pendidikan kini bisa sama-sama merasakan luasnya samudera ilmu sebagaimana didapatkan oleh kelompok bangsawan. Dengan begitu, bangku pendidikan yang semula tidak mungkin terjangkau oleh kalangan Pribumi mulai bisa dinikmati.

Baca Juga : Menjadikan Handphone-Mu Kelasku                                 


Tahun 2021 tema Hardiknas adalah "Serentak Bergerak,Wujudku Merdeka Belajar" 

Seperti kita ketahui, "Merdeka Belajar" sekarang ini sedang booming dan merupakan kebijakan pendidikan yang diangkat oleh Mas Menteri Nadiem Makarim sejak ditunjuk menjadi Mendikbud yang sekarang berubah menjadi Mendikbud-Dikti.

Di dalam konsep itu, terdapat 4 program yakni: 
1) Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai uji kompetensi siswa yang bisa dilakukan dengan cara ujian tertulis maupun penilaian lain yang lebih komprehensif; 
2) Penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2021 dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimun dan Survei Karakter; 
3) Menyederhanakan atau memangkas sejumlah komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
4) Peraturan PPDB Zonasi digunakan dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah.

Banyak hal yang sudah diberikan oleh Bapak Pendidikan kita pada guru di negeri ini untuk jadi tauladan, salah satunya adalah kebiasaan beliau untuk menulis.

Berikut salah satu aktualisasi dari ajaran Ki Hajar Dewantara dalam menulis yang Guru Ataya praktikan dalam menjalani sebagai guru sekarang ini :




Untuk meramaikan dan memeriahkan Hardiknas tahun 2021 di Medsos Silahkan gunakan tribbon Hardiknas dibawah ini :
Twibbon Hardiknas :

1. https://twb.nz/beritawarganethardiknas4

2.  https://twb.nz/beritawarganethardiknas5

3.  https://twb.nz/beritawarganethardiknas3

4.  https://twb.nz/beritawarganethardiknas2

5.  https://twb.nz/beritawarganethardiknas1