Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Ikutan TPN 7 2020

 Yuk Ikutan TPN 7 2020

Oleh: Iwan Sumantri

Sukabumi-8 Desember 2020. Disela-sela kesibukan seorang guru untuk mengolah dan memverifikasi nilai siswa di semester 1 setelah melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) Guru Ataya mencoba dan mengajak guru-guru di negeri ini untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian penting di kegiatan konferensi tahunan guru dari seluruh nusantara yang diberi nama Temu Pendidik Nusantara (TPN). Tahun 2020 sudah memasuki tahun ke-7 TPN ini. Nah secara kebetulan Guru Ataya menjadi bagian di TPN 7 tahun ini, Alhamdulilah Guru Ataya akan menjadi pembicara di kelas Kemerdekaan melalui jalur WIT 2020. Cek nama 1000 pembicara ada disini.

Apa itu TPN? 

Sudah enam kali Temu Pendidik Nusantara hadir menjadi ruang bagi para pendidik untuk berbagi praktik baik. Tahun lalu, 1000 guru dari lebih 150 daerah hadir dan berjumpa rekan seperjuangan. 

Tahun ini, Temu Pendidik Nusantara VII hadir terlambat karena hampir sepanjang tahun kita fokus pada membantu guru dan sekolah/madrasah melakukan pembelajaran jarak jauh. Kita membantu melalui sejumlah program seperti Kerja Barengan Lawan Corona, Bantu Kuatkan Guru, Wardah Inspiring Teacher dan Sekolah Lawan Corona.
 

Topik Teknologi untuk Masa Depan yang diluncurkan pada TPN VI menemukan relevansinya. Teknologi yang awalnya untuk masa depan, ternyata telah dipraktikkan pada pembelajaran saat ini. Kita memikirkan ulang pembelajaran “normal” yang fokus pada target menjadi pembelajaran merdeka belajar yang fokus pada kebutuhan murid melalui teknologi yang adaptif.
 

Meski terlambat, TPN VII menjadi momen yang tepat bagi kita menandai dan merayakan praktik baik pembelajaran dan kepemimpinan yang terbukti efektif mengatasi tantangan COVID-19. Tidak tanggung-tanggung, TPN VII akan menghadirkan 1000 pembicara dari penjuru nusantara untuk saling berbagi praktik baik pembelajaran dan kepemimpinan. 

Temu Pendidik Nusantara VII memang hadir secara virtual, namun kami berharap rekan-rekan tetap bisa berinteraksi secara akrab. Lebih dari itu, TPN VII hadir dengan teknologi yang memungkinkan bapak/ibu untuk merdeka dalam belajar, aktif berkolaborasi, mengembangkan kompetensi, dan proaktif meniti karier.
 

Saat menghadiri Temu Pendidik Nusantara VII, rekan-rekan akan disambut pemandu pada panggung utama yang mengajak rekan-rekan untuk terlibat aktif serta menjelaskan kelas dan aktivitas yang bisa diikuti. Silakan ikuti berbagai kelas yang akan dipandu dan diisi oleh guru dan pemimpin merdeka belajar dari berbagai daerah. 


Tak hanya belajar melalui sejumlah kelas, rekan-rekan juga dapat menyaksikan pameran karya guru dan pameran program sekolah. Harapannya, rekan-rekan bisa terinspirasi melalui karya dan program tersebut kemudian melakukan penerapan secara mandiri atau dengan berkolaborasi.
 

Temu Pendidik Nusantara VII hadir lebih beragam, lebih praktis dan lebih berdampak!

Dalam program Temu Pendidik Nusantara VII di Sekolah.mu ini akan mengajak Bapak Ibu berpetualang melewati beberapa misi antara lain mengenal apa itu Temu Pendidik Nusantara, dan bagaimana mengikuti Temu Pendidik Nusantara VII ini hingga akhirnya Bapak, Ibu bisa memahami TPN dan mengikuti TPN VII di tautan-tautan yang kami informasikan di program ini.

TPN VII merupakan konferensi tahunan guru dari seluruh nusantara berbagi praktik baik pembelajaran dam kepemimpinan merdeka belajar bersama #1000pembicara.




Ada Apa di Temu Pendidik Nusantara ( TPN) VII ?

Temu Pendidik Nusantara VII hadir melanjutkan estafet pergerakan pendidikan dari Temu Pendidik Nusantara sebelumnya. 
Temu Pendidik Nusantara mengusung semangat kolaborasi dalam ekosistem pendidikan yang sangat kompetitif. Alih-alih bersaing, guru, sekolah/madrasah, dan dinas pendidikan hadir #BelajarDiTPN7 untuk berbagi praktik baik bersama #1000Pembicara, mengembangkan kompetensi, menjalin proyek kolaborasi dan merintis karier. Hadir bukan hanya untuk memperbaiki diri, tapi untuk berjuang bersama melakukan perubahan pendidikan Indonesia.



Pandemi COVID-19 memaksa kita memikirkan ulang praktik pembelajaran yang “normal”. Peran teknologi yang dibayangkan akan terjadi di masa depan, hadir dalam pembelajaran di masa kini. Sejumlah guru dan sekolah telah melakukan inovasi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan beragam teknologi yang relevan.

Bukan tentang kecanggihan teknologinya, tapi tentang pilihan teknologi yang memanusiakan hubungan, memahami konsep, membangun keberlanjutan, memilih tantangan dan memberdayakan konteks untuk menyelenggarakan pembelajaran yang merdeka belajar.



Seperti apa kegiatan belajar di TPN 7? Bagaimana Alur Belajar di TPN 7? Bagaimana Susunan Acara di TPN 7? Pilihan Kelas Apa saja yang ada di TPN 7? Bagaimana Pameran Hasil Karya Guru dan Pameran Program Sekolah? simak saja semuanya ada disini

Bagaimana Menjadi Peserta TPN 7 ?

Ibu dan Bapak berminat menjadi peserta dan bagian di TPN 7? Mudah sekali, ibu bapak punya acount di platform sekolah.mu kemudian akses TPN 7 melalui link ini , pelajari secara detail.

Berikut bagaimana alur menjadi peserta di TPN 7 ?



Bagaimana Cara Daftar dan buat acount di sekolahmu:



Untuk Guru Kota/Kabupaten Sukabumi Ingin Ikut TPN 7 Secara Gratis?

BANYAK INSPIRASI..!!!
KERREENN..!!!
WOOWW...!!!

3 kata ini yang banyak keluar dari peserta Temu Pendidik Nusantara (TPN) setiap tahunnya. 
Dan tahun ini pun acara TPN akan digelar,  meskipun secara virtual namun tetap tidak mengurangi manfaatnya.

Sukabumi (kokab) mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan Temu Pendidik Nusantara VII secara virtual dengan moda beasiswa (gratis) sebanyak 500 orang, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu – Minggu, 12 – 13 Desember 2020
pukul : 07.00 s.d. 17.00 WIB

Syarat pendaftaran dengan moda beasiswa (gratis):
1. Mengisi form permohonan beasiswa dari tanggal 07 – 10 Desember 2020 melalui form: yang disediakan oleh pengurus KGBN Sukabumi
2. Kode Beasiswa akan dikirim melalui e-mail/WA pendaftar.
3. Mendaftarkan sebagai peserta TPN VII dari tanggal 07 – 11 Desember 2020 pada link https://www.sekolah.mu/program/temu-pendidik-nusantara-2020
4. Wajib mengikuti kegiatan TPN VII selama 2 hari berturut-turut.
5. Untuk konfirmasi pendaftaran dapat menghubungi:
  • a. Pengawas Madrasah: Urip Mulya No. HP 081284047325
  • b. Jenjang TK/RA (PAUD) dan SD/MI : Puji Rahayu No. HP 085703131308
  • c. Jenjang SMP/MTs: Depa Ridiana Pardiawati No. HP 085872101138
  • d. Jenjang SMA/MA/SMK : Andriani Lestari No. HP 085885548178

AYOOO... 
SEGERA DAFTAR 😉😉😉

500 pendaftar pertama akan mendapat kode beasiswa, yang artinya dapat mengikuti kegiatan TPN ini secara gratiss!! 😍😍😍.




Sumber Tulisan:
1) Platform Kampus Guru Cikal
2) Sekolah.mu
3) KGB Sukabumi