Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Launching Website dan Marketplace


 

GHIRAHBELAJAR.COM - SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Launching Website dan Marketplace

SURAKARTA - SMK Muhammadiyah 5 Surakarta (SMK MULIA) melaksanakan Gelar Karya bertajuk “Menjadi Produktif, Kreatif dan Unggul di Masa Depan”. Acara yang beriringan dengan pembagian Lembar Hasil Belajar Siswa (LHBS) Semester Gasal itu diselenggarakan pada 17-18 Desember 2020.

Dalam acara itu, SMK MULIA menyelenggarkan Gelar Karya Siswa sekaligus launcing Website, media sosial, dan marketplace. Event ini menyajikan hasil karya siswa-siswi SMK MULIA berupa karya tekstil dan busana. Tujuan diselenggarakan acara tersebut adalah memberikan apresiasi capaian belajar siswa yang layak di eksistensikan kepada masyarakat, khususnya wali murid peserta didik. 

Di acara tersebut memberikan sosialisasi perkembangan sekolah, seperti kondisi pembangunan, dan meluncurkan marketplace sebagai bentuk wadah mempromosikan produk karya siswa yang layak untuk jual.

Karya yang ditampilkan merupakan karya terbaik dari kelas X, XI, dan XII yang sudah melewati tahap seleksi penilihan layak pameran. Gelar karya secara umum merupakan event yang memfasilitasi ruang untuk mempromosikan hasil karya. Secara tekhnis, gelar karya diselenggarakan dengan konsep pameran dan bazar. Situasi pandemi menuntut kegiatan dilaksanakan mengacu pada protokol kesehatan. Mulai dari penyambutan tamu (wali murid), penataan pameran (busana, tekstil) dan model shifting (bergilir) kedatangan wali murid sesuai waktu yang dijadwalkan untuk tidak terjadi kerumunan.

Pemberlakuan shifting dibagi menjadi tiga waktu. Waktu pertama pada tanggal 17 Desember 2020 dari mulai jam 08.00-10.30 (wali murid kelas XII), waktu kedua tanggal 18 Desember 2020 dari mulai jam 08.00-10.30 (wali murid kelas X), terakhir Jam 13.00 untuk wali murid kelas XI.

Beradaptasi di tengah kondisi dan situasi yang berbeda, menjadi tantangan tersendiri di lembaga pendidikan SMK Muhammadiyah 5 Surakarta, mulai dari pelaksanaan teknis pembelajaraan jarak jauh (PJJ), pelaksanaan penilian akhir semester, dan keterbatasaan menyelenggarakan event kegiatan.

Adanya keterbatasan dalam bergerak tidak memadamkan semangat berkreativitas peserta didik untuk terus belajar menghasilkan karya terbaik. Untuk mengetahui perkembangan sekolah, bisa melihat akun Instagram @muliaofart, Youtube mulia of art channel, dan Facebook SMK MUH V SKA.
 
Kepala SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Dra Elly Ellyum mengungkapkan, di masa pandemi yang entah kapan berakhir,  skill dan kreativitas siswa SMK Muhammadiyah 5 terus diasah dengan mengubah kurikulum produktif menjadi sistim blok. 

"Sehingga, dengan sistem tersebut siswa dituntut untuk melatih diri menghasilkan produk jadi. Dan di akhir semester bertepatan dengan penerimaan LHBS, sekolah mengadakan Gelar Karya Siswa yang terseleksi layak untuk dipamerkan kepada orang tua siswa," ujar Elly, Sabtu (19/12).

Tidak hanya itu, Elly menjelaskan, kegiatan akhir sekolah pun disempurnakan dengan launching media sosial dan marketplace sekolah. Hal itu dilakukan untuk memberikan wadah informasi perkembangan sekolah dan produk layak jual yang merupakan karya siswa. 

Elly berharap ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya para peserta didiknya. "Semoga bermanfaat untuk masyarakat khususnya siswa dan pendidik lebih mudah dalam transfer ilmu," kata dia. (adm)