Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Webinar Praktik Baik: WIT 2020 Bukan ajang Kompetisi Tapi ajang asah Kompetensi Guru

Webinar Praktik Baik: WIT 2020 Bukan ajang Kompetisi Tapi  ajang asah Kompetensi Guru

Oleh: Iwan Sumantri


Sukabumi- 9 November 2020. Tepat pukul 17.00 Webinar 2 membuat media pembelajaran menghadirkan guru inspiratif  WIT 2019 dan dipandu oleh moderator yang piawai dan membuat suasana hidup ibu Tien Agustina seorang guru dari SMK yang mengajar mata pelajaran produktif.

Nara sumber yang hadir adalah srikandi-srikandi WTI 2019, ibu Anggi Rizkia Pustika seorang sosok ibu guru dari jenjang SD dan Ibu Dina Martha Indhaningrum seorang guru SMA yang mengajar bahasa Indonesia.

Ketiga srikandi dengan ramah,senyuman yang menawan dan penyampaian yang lugas bagaimana bercerita tentang praktik baik selama mengiktui ajang WIT 2019 dan KGB ( Komunitas Guru balajar) yang tentunya menginspirasi dan memberikan semangat serta motivasi bagi peserta webinar Paraktik Baik WIT 2020 yang jumlahnya setelah lolos kurasi membuat media pebelajaran sekitar 503 guru yang tersebar di berbagai daerah di negeri ini.






Berikut beberapa tanggapan (refleksi) para guru setelah mengikuti webinar tersebut yang saya rangkum melalui diskusi dan forum chat :

> Iwan Sumantri : mendapatka sesutu yang berharga, juara WIT 2020 bukan segala-galanya, yang penting ilmu yg disampaikan selama WIT 2020 harus berdampak pada guru dan siswa serta ling sekitar kita !

> Waah. Abis ikutan nyimak webinar dan baca-baca refleksi teman-teman. 

> Sangat inspiratif n memotivasi. Pembelajar sepanjang hayat...

> Alhamdulillah.. Terimakasih atas ilmu dan inspirasi nya๐Ÿ™

> Terima kasih Tim WIT. Sungguh sangat menginspirasi Webinar tadi๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿฝ๐Ÿ‘๐Ÿฝ

> Terimakasih TIM WIT ... Sangat bermanfaat. ALHAMDULILLAHIRABBIL ALAMIN

> Mengena banget...new insight...Terimakasih Tim WIT 2020 dan sekolahmu๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

> Alhamdulillah WIT 2020...terimakasih udah memberikan kesempatan mendapatkan ilmu lagi dari para pembicara menginspirasi๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿฅฐ

> Wit20 sebagai ajang asah kompetensi.

> Setelah mengikuti webinar ini saya mendapat inspirasi untuk mengasah kemampuan empati saya sebagai kunci guru merdeka belajar maka saya akan melakukan belajar mempaktikan 5M

> Jadi penasaran dan termotivasi pingin gabung KGB jogja

> Alhamdulillah terasa sangat terinspirasi sekali dengan pengalaman para pemateri tadi, dan akhirnya terbawa haru dengan beragam tantangan yang telah mereka lalui. Semoga allah SWT takdirkan kita bisa menyelesaikan program WIT 2020 ini sampai akhir ya. Semoga rizqi kita bisa bertemu dan berkolaborasi langsung berbagi pengalaman di Temu Inovasi nanti๐Ÿฅบ๐Ÿค—

> Kadang masih ragu sih, saat ini saja sudah super sibuk Nyambi sebagai operator dan admin sekolah, tetapi ilmunya itu yang ingin ku raih, buanyak banget dan wooow pokoknya

> Setelah mengikuti webinar ini saya mendapat pengalaman belajar sekaligus mengolah rasa. Saya ingin terus belajar mempraktikkan 5M.

> Terima kasih WIT ๐Ÿ™๐Ÿ™

> WIT bukan sebuah kompetisi tapi sebuah ajang saling berbagi praktek baik untuk diterapkan dalam pembelajaran nyata, saya bisa belajar banyak dari teman2 guru yang luar biasa ,belum pernah bertemu langsung tapi mau saling berbagi menjadi guru yang bermakna dan berdaya....Terima kasih WIT 2020

> Setelah mengikuti program WIT banyak inspirasi yg diperoleh empati, memanusiakan hubungan guru murid orangtua, 5M . Yang pasti disini kita saling belajar bukan kompetisi tapi semangat kolaborasi antara sesama guru 

Salut 

> Terimakasih WIT atas kesempatan luar biasa ini

> Terima kasih atas kesempatannya bergabung di WIT sampai hari ini...

> Webinar tadi semakin menyadarkan bahwa kelelahan itu pasti. Tapi kita ga pernah berjuang sendiri....

> terima kasih atas kesempatan ikut bergabung di WIT, mendapat ilmu yang luar biasa, bertemu teman2 guru di seluruh Indonesia yang inspiratif, saling berbagi dan menguatkan. Berjuang bersama2 untuk menjadi guru yang berdaya....pengalaman yang seru dan tak terlupakan

> Sebelum ikut WIT, sy merasa sudah cukup kreatif dlm menyiapkan media pelajaran, selalu browsing kemana2 sebelum men-delivery-kan ke siswa.

> Namun kadang menemukan kelas yg sangat jenuh dlm belajar.

Ini adalah tantangan terbesar.

Tp setelah ikut WIT, seperti di tegur, lalu dibuka lagi mata dan hati kita, apa sih yg siswa kita sedang hadapi, apa sih yg bikin mereka mau belajar. 

Seperti roller coster rasanya, campur aduk banget, rasa bersalah, rasa semangat utk belajar, semangat berubah, semangat menginspirasi, dikejar deadline, ada bingungnya, belum lg kendala sinyal, ...nano nano deh.

> Luar biasa efeknya ikut WIT, KGC dan KGB.

> Alhamdulillah bisa bergabung pada webinar hari ini ,bersama guru2 hebat dan semangat semoga ilmu nya berkah...sangat menginspirasi

> Y betul sekali, ketika sy lelah dan prustasi tdk bisa melakukan apapun dlm menyelesaikan tugas yg hrs dikirim ternyt dibantu diajarkan oleh salah seorg guru yg menjadi peserta WIT, alhamdulillah masih semangat utk melanjutkan lagi. Terimakasih buk Fany ๐Ÿฅฐ




> Terimakasih WIT webinarnya sgt luar biasa inspiratif๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

> luar biasa setelah mengikuti webinar tadi sore.. narasumbernya sangat memotivasi dan menginspirasi, seperti mendapat siraman rohani untuk menjadi guru yg tidak sekedar mengejar karir..

Bersyukur banget bisa bergabung disini bersama guru2 hebat, apalagi saya yg masih minim pengalaman jadi guru ๐Ÿ™ˆ

Tambah semangat untuk berbenah diri dan menebar manfaat bagi murid2 dan orang sekitar.. bismillah.. ๐Ÿ˜Š

> Lapor pak ari, nih saya benar-benar tertantang tuh dari hasil kurasi, saya tuh nggak paham apa itu infografis dan podcast, dari rekomendasi kurator akhirnya browsing juga tuh podcast dan infografis dan mencoba membuatnya. eh asik juga tuh, apalagi di podcast. Tadi sempat ada siswa konsultasi ke sekolah, terus saya cobain sama dia tuh podcast, apa katanya " bagus pak jadi nggak bosenin". he he he jadi tersanjung. Pokonya terima kasih rekomendasinya. Mudah-mudahan masih bisa terus menimba ilmu dari bapak ibu inspitaror





> Webinar kali ini mendapat sesuatu yang berharga dari WIT 2020 ini. Sangat menginspirasi sekali, dan memgasah kemampuan untuk ber empati. InsyaAllah akan melaksanakan dan mempraktekkan 5M. Terimakasih Wardah Inspiring Teacher 2020....

> Mengikuti WIT dengan materi2 luar biasa dari tim KGC benar-benar menyadarkan saya tentang pentingnya kita berempati kepada siswa dan memberikan pembelajaran yang bermakna untuk siswa. Setiap membaca materi dan mengikuti webinar, saya seperti ditampar berkali-kali. Merasa bersalah kepada siswa. Bersyukur sekali bisa diberi kesempatan belajar di WIT. Semoga belum terlambat untuk saya memperbaiki diri :)

#kampusgurucikal

#wit2020