Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi: TUMAN MENULAR



GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Retno Allifiah Kusumaningrum Salim

Buku yang berjudul “Menggebuk Pagebluk” yang di garap oleh Ahmad Soleh dan kawan-kawan diterbitkan oleh Pustaka Sedayu merupakan kumpulan ide dan renungan lintas profesi serta sudut pandang yang membahas segala jenis aspek kehidupan yang ada di Indonesia. Mulai dari pagebluk yang mengharuskan kita beradaptasi di situasi dadakan, sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang canggih, sampai membahas polemik kaum rebahan dalam menyikapi pandemik covid-19.
Viralnya virus covid tak luput dari sorotan media massa. Seluruh media yang ada di Indonesia menjadikan pandemik ini sebagai headline berita. Infodemik bertebaran di seluruh penjuru grup WhatsApp ibu-ibu komplek sosialita. Tapi, apa semua pemberitaan itu benar adanya? Karena minimnya literasi masyarakat saat ini, wajar saja infodemik diterima di pasaran media Indonesia. Tuman.

Beragam aspek perlu diperhatikan dalam program pembelajaran daring. Dari kesiapan pelajar hingga pemerataan infrastuktur setiap daerah. Namun, dalam masa yang sulit seperti ini kita benar-benar dihadapkan pada pilihan yang bahkan mau tidak mau harus dilakoni. Begitu pula dengan para pelajar dan pengajar yang mau tidak mau harus belajar online. Sayangnya, seringkali para pelajar menyepelekan sistem belajar daring yang dianggapnya hanya membuat pusing. Tugas menumpuk, tetapi materi tak kunjung masuk. Yang ada hanya kerjakan, jelaskan, sebutkan.

Dengan kondisi yang apa-apa online, acapkali kita susah berpisah dengan ranjang kasur dan guling tercinta kita. Social distancing tidak berlaku antara aku dan kasurku. Mulanya rebahan adalah kegiatan di waktu senggang, kini rebahan adalah salah satu syarat yang kudu dilakukan dalam memusingkan perkara, besok mau makan apa ya?

Banyaknya pesan tersirat yang terkandung di dalam buku ini, memaksa kita untuk beropini dan berpikir kritis. Selipan dagelan dalam buku ini juga di tempatkan dibagian yang tepat. Namun, masih ada beberapa koreksi mengenai kesalahan tipografi dalam beberapa kata. Anda sangat disarankan untuk membaca buku ini. Pembahasannya yang menarik dan dikemas dengan prespektif yang berbeda-beda membuat buku ini kudu masuk wishlist keranjang!
#RMP2020

Disclaimer: Artikel ini merupakan kiriman peserta Give Away Menggebuk Pagebluk