Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi: Sebuah Kisah Kehidupan yang Nyata




GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Rani Audriyana Sari

Sebuah buku yang berjudul “menggebuk pagebluk” adalah sebuah buku yang ditulis oleh beberapa orang diantaranya yaitu anak-anak muda dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, aktivis, volunteer, pegiat dan literasi, bahkan dosen dan pratiksi juga ikut terlibat dalam penulisan buku ini. Buku ini juga menceritakan tentang segala hal kehidupan yang menyangkut pada semua orang, pembahasannya juga sangat beragam mulai dari isu tentang pendidikan, bullying,politik,literasi,sosial-budaya, sampai pesan-pesan penting saat kita menghadapi pagebluk ini. Semua pesan yang terdapat dalam buku tersebut disampaikan oleh pembaca agar selalu optimis dalam menjalankan aktivitas saat pandemi saat ini.

Buku ini membahas tentang infodemik, Belajar Daring, Cyberbullying dan orang-orang yang merasa cemas untuk berpergian pada masa pandemi seperti sekarang. Pembahasan yg pertama adalah infodemik yaitu tentang kekacauan berita asli yang mendahulukan berita hoax dan dapat merugikan untuk berita aslinya, apalagi kalau masalah infodemik ini mempengaruhi tentang belajar daring dimasa pandemi, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu masalahnya dengan baik, belajar daring ini memang telah di lakukan sejak adanya Covid-19 dimana seluruh siswa ataupun mahasiswa belajar lewat online agar tetap melakukan sosial distancing, dan tidak semua orang tua dapat berperan menjadi guru dirumah.

Disekolah ataupun di kampus pasti banyak yang melihat Cyberbullying yaitu tentang penindasan seseorang lewat sosial media, Cyberbullying ataupun Bullying sama saja karena keduanya adalah bentuk penindasan. Dimana penindasan ini dapat membuat seseorang depresi dan merasa ketakutan yang cukup dalam. Semoga di zaman sekarang tidak ada lagi bentuk penindasan seperti itu karena dapat membahayakan mental seseorang. Selanjutnya adalah tentang cemasnya seseorang untuk berpergian pada masa pandemi seperti sekarang, orang-orang yg merasa memiliki kepentingan di luar ada baiknya harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di terapkan dan jika kalian tidak memiliki kepentingan diluar lebih baik dirumah untuk tetap menjaga jarak aman dengan yg lainnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kiriman peserta Give Away Menggebuk Pagebluk