Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi: Bersatu Melawan Pandemi COVID-19



GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Ika Nur Anita, Mahasiswa STIE JIC

Menggebuk Pagebluk merupakan buku kumpulan esai yang diterbitkan oleh penerbit Pustaka Sedayu. Buku ini mempunyai tebal 120 halaman, buku ini menjelaskan tentang renungan, ide, dan ikhtiar dalam melawan pandemic Covid-19.

Buku ini secara garis besar menggambarkan tentang situasi saat ini, seperti belajar melalui daring, bekerja dari rumah, cyberbullying, dan hikmah covid-19 yang saat ini kita rasakan.

Dengan adanya Covid-19, banyak mengubah hidup Kita, sama halnya dibidang pendidikan. Adanya pandemic ini proses belajar mengajar yang sebelumnya tatap muka, menjadi menggunakan sistem daring, yaitu Virtual Video (Zoom) atau menggunakan Google classroom untuk sarana dalam proses belajar. Semakin berkembangnya teknologi selain kita mendapatkan hal positive dari penggunaan teknologi, dibalik itu terdapat hal negative dalam penggunaan teknologi, yaitu Cybercrime seperti pelecehan, cyberbuliying, penindasan dan sebagainya. 

Kita dapat mengambil contoh seperti penggunaan teknologi terhadap komentar seseorang yang sangat tidak etis, dan mengandung alur kebencian. Jika kita lihat, kejahatan ini, dapat membuat korban merasa terganggu pada akhirnya dapat berakibat fatal. Dengan adanya pandemi covid 19 ini, masyarakat menjadi terbuka akan teknologi dan lebih mendisplinkan diri dengan adanya protocol kesehatan yang ada. Melakukan perubahan kebiasaan baru seperti mencuci tangan, manjaga jarak , dan menggunakan masker, semakin meningkatkan kualitas ibadah, semakin peka terhadap kondisi kesehatan dan realitas sosial, menjalin silaturahmi kepada keluarga, juga saudara di rumah, mengingat akan kematian, hikmah adanya aktivitas online, dan senantiasa dapat memicu untuk produktif ketika di rumah.

Kelebihan buku ini memiliki cover yang menarik, tiap subtemanya ada ilustrasi gambar, Bahasa yang digunakan mudah dipahami, buku ini dapat dibaca untuk kalangan masyarakat, buku ini tersedia versi digital sehingga memudahkan untuk membacanya, dan didalam buku ini banyak maanfaat dan pembelajaran yang dapat diterapkan. Kelemahan dari buku ini penggunaan ejaan banyak yang tidak tepat (typo).
#RMP2020

Disclaimer: Artikel ini dipublikasi ulang dari https://www.instagram.com/p/CGXortxBzdj/?igshid=100smr66nquki.
Artikel ini merupakan kiriman salah satu peserta Give Away Menggebuk Pagebluk.