Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Kader dari Uhamka untuk Mahasiswa Alumni Pesantren



GHIRAHBELAJAR.COM – Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) memberikan beasiswa kader kepada kader-kader dari berbagai pesantren Muhammadiyah di berbagai daerah. Mereka yang lolos seleksi beasiswa kader berasal dari pesantren Muhammadiyah di daerah Sulawesi, Kalimantan, Aceh, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Para peserta beasiswa sebelumnya menjalani seleksi yang cukup panjang dan ketat. Setelah dinyatakan lolos, para peraih beasiswa kader diundang secara khusus oleh Uhamka dalam kegiatan Penyambutan Mahasiswa Penerima Program Beasiswa Kader Langsung Kerja (BKLK) di Aula Ahmad Dahlan FKIP Uhamka, Sabtu (17/10). Acara tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam acara itu, Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro berharap mahasiswa penerima beasiswa kader dapat menjadi regenerasi penerus bagi persyarikatan Muhammadiyah di tingkat ranting, cabang, dan daerah. “Pentingnya untuk memberikan pendidikan dan pengajaran kepada para kader agar nantinya dapat mengurus dan membangun persyarikatan menjadi lebih unggul,” kata dia, Sabtu (17/10).

Adapun yang didapatkan para penerima beasiswa, Gunawan menjelaskan, tidak hanya dibebaskan biaya kuliah, tapi juga fasilitas seperti pelatihan pengembangan diri para mahasiswa, dan bonus prestasi. Dengan adanya beasiswa ini, para mahasiswa yang mendapatkan juga menjalankan kuliah sambil bekerja di salah satu lembaga amal usaha Muhammadiyah dan ketika selesai masa studinya akan dikembalikan ke pesantren asalnya.

"Sukses adalah bagi dia yang dapat memanajemen diri dan waktunya dengan baik, dengan banyaknya kegiatan tidak hanya sekadar belajar akdemik saja melainkan bekerja, berorganisasi, melakukan hal-hal lain secara bersamaan tentu akan membentuk karakter kita menjadi terbiasa dalam menentukan arah dan prioritas dalam hidup kita," pesan rektor Uhamka kepada penerima beasiswa, Sabtu (17/10).

Dia juga berharap dengan adanya beasiswa ini, tentu akan menghasilkan mahasiswa yang bukan hanya cerdas secara intelektual namun juga siap dalam menghadapi industri kerja dan matang untuk meraih karier yang lebih baik.

Seperti diketahui, demi menunaikan tugas pendidikan dan persyarikatan Muhammadiyah, Uhamka yang terakreditasi A oleh BAN PT ini mengadakan program Beasiswa Kader Langsung Kerja (BKLK) yang mulai diadakan pada tahun akademik 2020/2021. Hal itu sebagai bentuk mempersiapkan generasi berkemajuan untuk mengembangkan amal usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah.