Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pendekar Blogger Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan

 5 Pendekar Blogger Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan

Oleh: Iwan Sumantri

Sukabumi - 28 Oktober 2020. Tepat pukul 12.00 Seminar Nasional Guru Blogger PGRI Via Zoom Meeting digelar, dengan mengusung tema "Membuat PJJ Tidak Lagi membosankan".  Berbeda dengan seminar-seminar terdahulu yang pernah guru Ataya ikuti, kali ini seminar di hadiri kurang lebih 3000 guru blogger hadir dan menyimak melalui Zoom Meeting dan Chanel  Youtube TV ANDI. 

Para guru Blogger yang tergabung dalam Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) mayoritas hadir dalam Seminar daring tersebut. Kegiatan seminar menarik dan memberikan nuansa PJJ yang tidak membosankan. Hal ini bisa terjadi karena 5 (Lima) Pendekar Blogger sebagai Nara sumber hadir dan memberikan warna yang berbeda dalam seminar tersebut. Dengan ciri dan karakter dari 5 pendekar tersebut memberikan nuansa yang inspiratif, kreatif, memotivator dan membuka mindset semua peserta yang hadir baik melalui Zoom Meeting maupun yang live di Youtube TV ANDI.


1. Drs. Dedi Dwitagama,M.Si

Dimasa Pandemi seperti sekarang ini Guru harus percaya diri akan kemampuannya untuk melaksanakan PJJ  dengan niat kita mengajar harus dengan niat yang tulus. Selalu menghubungi siswa via WA atau telpon agar mereka dekat dengan kita. Gunakan media atau aplikasi yang bisa memudahkan kita berkomunikasi dan menjalankan PJJ. Gunakan media apa yang kita bisa, jangan memaksakan harus yang lebih, sesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki sambil kita tetap berusaha untuk menjadi guru yang kreatif dan Inovatif. Saat ini keadaannya darurat tak ada metode pengajaran yang bisa digunakan untuk semua situasi.Semua punya plus minus tergantung pada banyak hal.

Pemaparan materi ini mampu membuat peserta yang menyimak dan mengikuti Seminar untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif.






2. Dra.Sri Sugiastuti,M.Pd

Seorang Blogger adalah seorang yang punya keterampilan dalam menulis yang akan terlatih, sehingga lama kelamaan hasil tulisannya bisa menghasilkan sebuah buku, karena media blog bisa menjembatani berkreasi dengan orang-orang yang rajin menulis. Banyak buku-buku yang terbit awalnya dari kebiasaan menulis di blog baik secara bersama-sama (antologi) maupun sendiri, itu semua hasil dari kolaborasi dari semua guru yang suka ngeblog.



3. Agus Sampurno,M.Pd

Guru kreatif di Era PJJ. Ciri Guru kreatif itu mau dan bersedia belajar kembali. Dengan menti.com dengan kode 1040059peserta diajak untuk menjawab dua pertanyan:

Apa saja ciri orang kreatif? 

Jawaban bervariatif ada yang menjawab percaya diri,mau belajar,selalu ingin tahu, semangat, berkolaborasi,aktif........Jawaban terbesar adalah mau belajar.





Hal apa yang pernah anda lakukan saat PJJ?










4. Namin AB Ibnu Solihin, M.Pd




Bagaimana etika mengajar daring?








5. Wijaya Kusumah,M.Pd (Om JAY)

Menciptakan Pola Pembelajaran yang efektif dari rumah

Ikut seminar jangan karena berburu sertifikat. Berpendapat bahwa ada 4 kekuatan manusia berasal dari pikiran, perkataan, perasaan dan perbuatan. Dari pikiran maka akan lahir ide-ide kreatif seperti membuat buku hanya dari WhatsApp. 

Bagaimana PJJ tidak membosankan? anak-anak supaya tidak bete.













Demikian reportase hasil Seminar Nasional PGRI Bersama Para Blogger Untuk membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan !

Catatan:

Materi Lengkap bisa dilihat di bawah ini :

Materi Pak Dedi di https://www.slideshare.net/dwitagama
Materi Omjay di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/pjj-menyenangkan1
Materi Pak Namin di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/materi-training-cara-kreatif-mengajar-daring-pgri-1
Materi Bunda Kanjeng di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/konferensi-blogger-2020