Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Penilaian Harian Secara Online Menggunakan HP

Asyiknya Penilaian Harian Secara Online Menggunakan HP
Oleh: Iwan Sumantri


Cibadak, 08 Oktober 2019, Blog Guru Ataya kali ini akan mencoba berbagi tentang proses pembelajaran di era digital yang serba wah...ibarat jamur di musim hujan. Sudah banyak proses pembelajaran di lakukan secara onlne dengan memanfaatkan dunia internet dan TIK.


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin pesat, hal ini akan berakibat kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TIK tak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning hal ini membawa pengaruh terjadinya suatu proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya.

Handphone merupakan media komunikasi yang telah memasyarakat di semua jenjang, baik usia maupun pendidikan. Handphone, suatu teknologi yang mempermudah komunikasi dimana saja, kapan saja sehingga cukup praktis untuk dijadikan media komunikasi. 

Kemajuan teknologi menjadi salah satu pemicu utama semakin banyaknya inovasi yang diciptakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya, dengan dimanfaatkannya perangkat teknologi seperti handphone ini, kegiatan pembelajaran tidak hanya bersifat konvensional saja. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik atau e-learning yaitu untuk mengatasi batas ruang dan waktu, sehingga proses belajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja. 




Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis Teknologi Informasi menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. 

Saat ini konsep belajar online sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi elearning khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas). Sistem ini merupakan sistem yang efisien dan efektif karena dengan hanya menggunakan koneksi internet akan terwujud suatu proses pembelajaran.Sumber belajar dalam era digital ini dikenal dengan intilah OER (Open Educational Resourses) yaitu setiap aset atau sumber belajar (cetak/elektronik) yang dapat diakses, diunduh dan digunakan secara bebas dan terbuka oleh publik (siapapun) untuk kepentingan pembelajaran dan penelitian, tanpa perlu mengajukan ijin tertulis kepada pencipta/ penerbit (hak cipta) (dholakia, king, & baraniuk, 2006; oecd, 2007). Sumber pembelajaran yang dimanfaatkan dan dikembangkan dalam Pendidikan.

Nah, atas dasar itu Blog Guru Ataya mencoba memanfaatkan sarana sekolah yang sudah memadai di tunjang dengan kelengkapan peserta didik yang 99% memiliki Hanphone di tunjang juga dengan program sekolah untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Nah tak salah jika Blog Guru Ataya mensikapinya dengan melakukan Penilaian Harian Secara Online dengan memanfaatkan fasilitas Game di Quizizz.com .

Pelaksanaan Penilaian Harian Matematika di Kelas 9B dan 8B

Hasil nya....seperti berikut ini !