Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alam Semesta dan Tata Surya


1. Uraikan perbedaan antara matahari, bintang, bumi dan bulan !


a.Matahari adalah sebuah bintang yang mempunyai sumber cahaya sendiri namun jaraknya dengan bumi cukup dekat hanya 150 juta km, karena begitu dekatnya dengan bumi, pancaran radiasi matahari sangat terasa di Bumi.Matahari menjadi pusat dari tata surya yang berbentuk bola gas panas yang terutama terdiri dari hidrogen dan helium, suhu permukaannya sekitar 6000 derajat celcius.
b.Bintang adalah benda-benda langit yang mempunyai sumber cahaya sendiri. Jaraknya mencapai jutaan bahkan miliaran kali jarak matahari ke bumi. Karena jaraknya cukup jauh dari bumi sehingga cahaya bintang yang sampai ke bumi sudah lemah sekali.
c.Bumi adalah sebuah planet yang bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips dan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri. Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang bisa didiami oleh manusia karena keaadaannya mendukung sebagai tempat kehidupan.
d.Bulan adalah sebuah satelit / pengiring planet bumi. Bulan tidak mempunyai cahaya sendiri, cahaya yang datang dari bulan hanyalah cahaya matahari yang dipantulkan. Bulan melakukan revolusi ganda yaitu berevolusi terhadap bumi sekaligus berevolusi terhadap matahari

2.Apakah perbedaan antara meteor, komet, asteroid ?


a.Meteor adalah kilatan cahaya terang pada langit saat sebuah meteoroid memasuki atmosfer bumi dan terbakar. Meteoroid merupakan benda-benda langit yang berupa batuan dan debu yang berterbangan di luar angkasa, jika bergerak didekat bumi maka akan terpengaruh oleh gravitasi  bumi sehingga bergerak menembus atmosfer. Bila ukuran meteoroid sangat besar, maka tidak akan habis terbakar di atmosfer bumi akibatnya jatuh sampai permukaan bumi yang biasanya disebut meteorit.
b.Komet adalah benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku. Ketika komet mendekati matahari panas dari matahari mengubah es dipermukaan komet menjadi gas dan sebagian debu dihamburkan keluar. Sebagian besar cahaya komet berasal dari sinar matahari yang dipantulkan dan komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang dari pada orbit planet.
c.Asteorid adalah benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya kita dan ukurannya lebih kecil dari pada ukuran planet, biasa juga disebut planet minor. Jumlahnya mencapai miliaran. Lebih dari 90% menyusun sabuk asteorid berbentuk cincin yang terletak diantara planet mars dan yupiter
3.a.Bagaimanakah sebenarnya bentuk bumi?
Bentuk bumi seperti bola yang tidak bulat sempurna melainkan agak pepat pada kutub-kutubnya
b.Fakta apa yang mendukung pendapat tersebut
1.      Pada waktu matahari terbenam, awan dan gunung yang tinggi diatas kita masih kelihatan terang, berarti masih mendapat sinar matahari. Hal ini hanya mungkin terjadi bila permukaan bumi melengkung.
2.      Jika kita berlayar / berjalan terus kesatu arah, maka kita akan tiba di tempat semula.
3.      Jika kita memperhatikan kapal yang berlayar meninggalkan pelabuhan menuju tengah laut, maka tubuh kapal lenyap lebih dahulu dari pada tiangnya.
4.      Dengan menggunakan teknologi yang canggih melalui satelit/pesawat luar angkasa dapat diketahui bahwa bumi itu bulat.
5.      Pada peristiwa gerhana bulan, bayangan bumi yang jatuh di permukaan bulan tampak bulat.
6.      Pada malam hari yang cerah semakin tinggi pesawat ituy terbang, semakin banyak bintang yang dilihat oleh orang   yang berada di dalam pesawat tersebut.
7.      Terdapat bintang yang tidak pernah terbit dan tenggelam. Hal ini jika diamati dari tempat yang berada dilintang 60 derajat atau 70 derajat lintang utara atau selatan.artinya,bintang itu tetap berada pada kedudukan semula.


5.a.Apakah perbedaan dan persamaan antara bumi dan bulan
Persamaan antara bumi dan bulan :
  1.Keduanya tidak mempunyai sumber cahaya sendiri
  2.Keduanya mengorbit pada matahari ( revolusi ) dan berputar pada porosnya ( rotasi )
  3.Berbentuk bulat
  4.Komposisi bahan penyusun bulan sama dengan komposisi penyusun bumi yang didominasi      unsur besi, silikon, dan magnesium.