Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Gabung di VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 5.3

Asyiknya Gabung di VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 5.3
Oleh: Iwan Sumantri (Guru Matematika)


Cibadak, 16 Juni 2019, tiga minggu sudah kegiatan pelatihan VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 5 berjalan, banyal hal yang bisa didapat dari kegiatan tersebut,

Berikut saya selaku salah satu peserta pelatihan tersebut akan mencoba berbagi dan sharing apa saja yang sudah di dapat, yang akan didapat dan tentunya hasil akhir nanti. Awalnya saya saya bayangkan kegiatan tersebut susah,sulit,sukar, ribet dan banyak hal-hal yang secara logika susah untuk saya ikuti. Tak percaya diri dan semangat untuk mengikuti pelatihan nol besar, ternyata itu hanya isapan jempol. Itu hanya penilaian dari diri saya yang harus di buang jauh-jauh. Saya coba dengan pelan-pelan dan pasti suatu saat akan menghasilkan. Perasaan yang timbul dalam diri saya, apa saya bisa? apa saya sanggup untuk bisa lulus? apa saya hanya seorang guru matematika bisa dan mampu untuk mengerjakan tugas yang sepintas berat dan susah. Dari hari kehari sejak saya mengikuti pembukaan kegiatan di SMANTI (SMA Negeri 3 ) kota Sukabumi, saya jawab dengan hal berikut yang saya coba bagikan kepada rekan,sahabat dan guru-guru yang mungkin hari ini masih mandeg dan bingung dalam dirinya, apa yang harus saya lakukan.

Coba dan lakukan hal berikut ini sesuai dengan pengalaman yang sudah saya lakukan :


1) Tumbuhkan dulu kemauan dan Niat untuk Mau Bisa dan Mampu Melakukannya
Ini hal utama yang harus ada dalam diri kita. Semua orang sebenarnya punya kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki. Tergantung sejauh mana kita mau menggali kemampuan itu.Buang jauh-jauh pada diri kita, kita jadi Penilai. Maksudnya, ketika kita mau mencoba sesuatu, dalam diri kita sudah ada perasaan dan anggpan kita ngga bakalan bisa. Jangan nilai diri kita oleh kita sendiri. Coba dan terus mencoba

2) Selalu mencoba dan berlatih hal yang dianggap baru buat kita
Dalam pelatihan ini banyak tutorial yang bisa kita pelajari, dan juga bisa bertanya langsung pada para instruktur. Mereka welcome dengan segala pertanyaan dan kesulitan kita.
Berikut beberapa video/hal yang bisa kita pelajari sendiri :

Video Tutorial :

3) Siapkan kelengkapan yang di perlukan untuk Pelatihan
Jangan lupa ketika 2 hal diatas sudah ada , sarana prasarana juga perlu disiapkan. Ini tak menyulitkan kita, kita pasti sudah terbiasa dan ada pada kita. 
> HP/Tablet/PC yang memadai
> Kuota Internet
> Jaringan yang internet yang baik

4) Selalu memotivasi diri sendiri

Berikut saya berikan cuplikan hal-hal yang muncul ketika mengawali pelatihan ini:

*F.A.Q*
*Q :* "Saya mau  mulai, tapi bingung harus apa dulu ?"
*A :* _Siapin aja slide PPT, yaa 5 atau 10 slide juga cukup_

*Q :* "Justru itu, materinya bingung" 🙄
*A :* _Kan ada google buat cari materi PPT. Tapi dari pada nyari, mending yg sudah dikuasai aja_

*Q :* "Boleh gak materinya sederhana, misal tentang _mengawatkan bahan makanan_ ?"
*A :* _Boleh banget. Materinya sih apa saja, bebas..._

*Q :* "Saya belum PeDe tampil di webex dan belum tau cara pakenya"
*A :* _Kan ada instruktur yg mendapingi. Mau latihan dulu juga boleh..._

*Q :* "Benerrr niih..." 😋 
*A :* _Iyaaa bener..."

*Q :* "Ciusss niihh..."
*A :* _Aseli ciuss..."

*Q :* "Kalau gitu, besok yaa bantuin latihan di Webex"
*A :* _Okke, sip deh_

*Esok harinya, setelah berlatih...*

Beneeeraannn, gampang bangeutt..
_Nyesel deh gak dari pertama tampil, padahal lagi nyantai nyantainyaa..._
_Kalau pas masuk sekolah, suka banya tugas..._


✌️ _Suer deh, bener bener gak susah, apalagi jadi HOST. Itu yang paling aku suka..._

*Cerita diatas, adalah kisah suka peserta VCT yang dari tidak bisa menjadi bisa*
*Kini, giliran Bpk/Ibu yang akan "Mengukir Cerita Suka VCT" utk jadi bahan berbagi dengan teman*

🥇 *Apalagi kalau sdh dapat eSertifikat dari Seamolec*

🏆 *Terukir nama Bpk/Ibu dan saat dilihat teman-teman... wow sertifikat Internasional*
*Gimana cara dapatnya... mau donk*


*Dan disitulah, dimulai pahala yg tak terhenti akan Bpk/ibu peroleh, manakala mengajarkan kesuksesan Bpk/Ibu di VCT kepada orang lain*

Ayo Ibu/Bapak peserta yang terdaftar dan belum memulainya, masih ada waktu 14 hari kedepan. So pasti bisa dan mampu menyelesaikannya.

Berikut Hasil-hasil yang saya bisa selesaikan di Pelatihan VCT Batch 4 Jabar VCI 77 Jabar 5.3.

1) Flyer :








2) Video VCT Ketika Jadi Presenter :
     a) Video 1 Klik disini
     b) Video 2 Klik disini

3) Meeting Room di Webex
    http://gg.gg/vctonesmpunya
    Meeting Number  : 578 475 476
    Password             : 12345


4) QR Kode yang telah dibuat 



Salam Lieterasi dan Jabar Juara !